Cara Mengaktifkan Port USB di Laptop Yang Tidak Menyala

Advertisement

Cara Mengaktifkan Port USB di Laptop – Salah satu fitur yang sangat peting pada sebuah Laptop ialah USB. USB sendiri adalah Universal Serial Bus yang merupakan standar bus serial untul perangkat penghubung antara komputer dengan perangkat-perangkat elektronik lainya seperti mouse, keyboard, printer, scanner, ponsel, flash drive, DVD writer, konsol permainan, kamera, moden dan bahkan digunakan sebagai media penghubung untuk mengendalikan alat-alat uji dan mesin-mesin produksi.

Teknologi USB yang dikembangkan pada pertengahan tahun 1990-an ini telah menjadi standart untuk hampir semua komputer dan ponsel serta peralatan elektronik lainya. USB juga dijadikan sebagai standart untuk pengisian baterai ponsel dan beberapa perangkat elektronik lainya. Seperti halnya sebuah laptop yang saat ini juga dilengkapi dengan baberapa port USB yang memiliki banyak fungsi. Namun bagaimana jika port USB tersebut mati dan bagaimana cara mengaktifkan port USB di Laptop? berikut informasi lengkapnya.

Cara Mengaktifkan Port USB di Laptop

Cara Mengaktifkan Port USB di Laptop

Advertisement

Pada dasarnya port USB yang ada di Laptop sudah aktif dan kita tak perlu mengantur apa-apa lagi. Selain itu port USB juga sudah bisa disambungkan ke perangkat seperti flasdisk, hardisk dan lain-lain. Akan tetapi terkadang kita juga menjumpai jika ada suatu masalah tertentu pada Laptop kita seperti halnya port USB tiba-tiba tidak aktif. Memang ada beberapa penyebab yang membuat port USB tiba-tiba tidak atif seperti halnya kita memang tidak sengaja menonaktifkan atau memang port-nya bermasalah.

Untuk mengatasi hal ini memang ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan. Namun bagi anda yang tidak mengentahui hal ini dan bingung untuk mengatasinya lebih baik kalian bawa laptop kalian ke tempat service laptop agar bisa di tangani dengan tepat. Tapi bagi kalian yang ingin mencoba mengatasinya sendiri dirumah ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Nah untuk lebih lengkapnya lagi berikut cara mengaktifkan port USB di laptop.

1. Cek Pengaturan Bios

Cek Pengaturan Bios

Advertisement

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi port USB yang tidak menyala dilaptop ialah kalian bisa cek pengaturan Bios. Ya, pengaturan dasar semua komponen memang terletak di Bios sehingga kita perlu cek pengaturan Bios saat terjadi masalah pada perangkat kita. Dan jika ada salah pengaturan sedikit saja, bisa membuat suatu fungsi di laptop jadi tidak aktif termasuk port USB. Ya, pada beberapa tipe laptop pada Bios-nya terdapat pengaturan yang bisa mengaktifkan dan menonaktifkna port USB.

2. Update Widows

Update Windows

Cara yang ke dua untuk mengaktifkan port USB ialah dengan update windows. Cara ini dilakukan bagi yang port USB-nya tidak aktif hanya katika di windows saja, mengupdate windows juga menjadi salah satu solusi juga. Karena dengan update ini, kita bisa menghilangkan bug-bug tertentu. Selain update, opsi lain seperti restore dan install ulang juga bisa menjadi pilihan untuk mengaktifkan port USB yang tidak menyala.

Advertisement

3. Melalui Device Manager

Device Manager

Berikutnya kalian bisa menggunakan Device Manager untuk mengaktifkan kembali port USB yang tidak menyala pada laptop kalian. Ya, port USB ini termasuk komponen. Nah, seluruh komponen pada laptop sebenarnya terdeteksi sebagai sebuah perangkat di aplikasi Device Manager. Kita juga bisa menyalakan kembali port USB yang tidak menyala melalui Device Manager ini. Ia untuk mengatifkan kembali port USB yang tidak menyala berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama ialah klik terlebih dahulu tombol Windoes + R.
  • Kemudian ketik Device Manager lalu tekan Enter.
  • Nah, berikutnya lepas semua perangkat yang ada di laptop kecuali mouse yang sedang dipakai.
  • Selanjutnya buka kolom Universal Serial Bus Controller.
  • Kemudian klik kanan pada USB yang tidak aktif > pilih Uninstall.

Nah, jika sudah restart nantinya port USB akan otomatis reset dan biasanya akan aktif kembali. Selain itu kalian juga bisa menggunakan cara berikut ini.

  • Klik kanan pada menu  port.
  • Selanjutnya pilih Enable.
  • Dan tunggu beberapa saat hingga port USB aktif.

4. Melalui Registry

Registry

Selain beberapa cara diatas kalian juga bisa mengaktifkan kembali port USB yang tidak menyala dengan menggunakan Registry. Ya, bisa saja pada pengaturan registry ada sedikit kesalahan yang bisa membuat port USB pada laptop tidak menyala. Untuk mengaktifkan kembali port USB di laptop yang tidak menyala kalian bisa menggunakan cara ini dan berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama ialah buka menu Regedit.
  • Lalu ketik saja regedit di kolom search lalu tekan enter.
  • Selanjutnya kalian buka HKEY_LOCAL_Machine.
  • Setelah itu masuk System > CurrentControlSet > Service.
  • Selanjutnya kalian pilih menu USBTOR.
  • Cek bagian kanan > double klik pada opsi Start.
  • Pada kolom volue silahkan isi tiga angka lalu klik OK.

Nah itulah beberapa cara mengaktifkan port USB di Laptop yang tidak menyala dengan mudah dan cepat. Kalian bisa menggunakan cara-cara diatas untuk mengatasi hal tersebut. Namun jika kalian sudah menggunakan cara-cara diatas namun tetap saja port USB tidak menyala, kemungkinan besar port USB pada laptop kalian terjada masalah atau memang port USB pada laptop kalian telah rusak.

Baca Juga Informasi Samsung Lainnya
Cara Mengaktifkan BluetoothHarga Power Bank Samsung
Harga Smartwatch SamsungAlamat Samsung Service Center

Demikian infromasi yang dapat kami sampaikan semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua dan bisa menjadi referensi kalian jika laptop kalian terjadi masalah. Nah tetap semangat dan jangan lupa terus simak ulasan-ulasan mengenai harga Hp Samsung terbaru saat ini hanya di Samsungstarter.com.

Advertisement