Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung Yang Tidak Digunakan

Advertisement

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung – Sama halnya dengan kabanyakan Vendor smartphone lain Samsung juga membekali smartphonenya dengan beberapa Aplikasi bawaan yang memiliki beberapa fitur yang berbeda-beda. Dimana aplikasi tersebut merupakan aplikasi buatan Samsung sendiri dan pada umumnya memiliki fungsi yang beragam. Beberapa aplikasi Bawaan Samsung sendiri memang tidak bisa langsung di hapus oleh pengguna dengan alasan tertentu pastinya.

Aplikasi Bawaan atau sering di sebut dengan Blotware sendiri merupakan aplikasi yang di kembangkan dan di pasang oleh manufaktur yang juga di sebut dengan Bundle software. Adanya aplikasi-aplikasi tersbeut tentunya untuk bertujuan memberikan tambahan utilitas dan fitur spesifik ke dalam perangkat smartphone. Namun sayangnya tidak semua aplikasi tersebut bisa digunakan dan memiliki manfaat bagi pengguna smartphone. Dengan demikian tak jarang kita menjumpai banyak pengguna yang menginginkan menghapus aplikasi tersebut.

Ada beberapa aplikasi bawaan smartphone Samsung yang bisa kita jumpai seperti Samsung Internet, Samsung Member, Email Samsung, Galaxy Warable, Samsung Store dan juga beberapa aplikasi lain yang dirasa sangat jarang untuk digunakan. Aplikasi-aplikasi ini lah yang terkadang cukup membuat kesal karena memakan banyak memori dan juga RAM namun jarang digunakan. Sedangkan salah satu Opsi untuk menghemat memori adalah dengan menghaspus aplikasi yang tidak digunakan.

Advertisement

Namun sayangnya untuk menghapus aplikasi bawaan tersebut tidak semudah menghapus Aplikasi lainnya karena Vendor biasanya telah melakukan Proteksi Kusus agar aplikasi tersebut tidak bisa di hapus. Namun jangan khawatir karena kali ini SamsungStarters.COM akan memberikan informasi menarik menggenai Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung Yang Tidak Digunakan yang mungkin berguna buat kamu yang sedang mencari informasi tersebut.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung

1. Link2SD

Link2sdCara pertama yang di jamin paling ampuh adalah dengan menggunakan aplikasi Link2sd, dimana dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa menghapus beberapa aplikasi yang kamu tidak kamu kehendaki berada di smartphone kesayangan kamu. Namun dengan catatan HP Samsung Kamu tersebut sudah memiliki akses Root, jika belum memiliki akses Root maka bisa melakukannya terlebih dahulu karena caranya cukuplah mudah.

Advertisement

Setelah melakukan penginsatalan dan root maka kamu bisa langsung masuk ke menu Pengaturan lalu aplikasi dan setelahnya cari aplikasi yang akan di hapus. Selanjutnya kamu pilih titik tiga dibagian kanan atas lalu pilih hapus, maka dengan otomatis aplikasi tersebut akan terhapus dari smartphone kamu.

Link2SD
Link2SD
Developer: Bulent Akpinar
Price: Free

2. Disable Aplikasi

Disable AplikasiLangkah selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur Disable atau sembunyikan, sama halnya dengan smartphone buatan brand lain kamu juga bisa menggunakan fitur di sable ini pada smartphone Samsung kamu. Dimana cara ini sangatlah efektif untuk digunakan meskipun hanya berguna menyembunyikan aplikasi itu saja.

Untuk menggunakan cara ini kamu bisa masuk ke menu Pengaturan lanjutkan dengan masuk ke menu Aplikasi lalu pilih aplikasi mana yang tidak akan digunakan. Setelah pilih aplikasi tersebut lanjutkan dengan cari menu nonaktifkan aplikasi, jika sudah maka dengan otomatis aplikasi tersebut akan di nonaktifkan. Meskipun tidak secara langsung mengahapus aplikasi tersebut setidaknya aplikasi tersebut tidak memakan RAM lagi dan juga tidak akan mendapatkan update pembaharuan.

Advertisement

3. Aktifkan USB Debugging

Cara Aktifkan Debuging AplikasiBuat kamu yang memang masih awam dengan cara yang satu ini sangat tidak kamu anjurkan karena bisa berakibat buruk jika salah. Dimana cara yang satu ini bisa berakibat pada terjadinya eror pada sistem android di HP samsung kamu. Maka dari itu perlu khati-hatian dalam melakukan cara yang satu ini.

1. Langkah Pertama Buka Menu Pengaturan
2. Pilih Tentang Perangkat
3. Ketuk sebanyak 7 kali pada Nomor versi sampai nanitnya ada notifikasi “selamat anda telah menjadi pengembang
4. Selanjutnya Kembali ke Pengaturan Awal dengan mengetuk tombol Back
5. Buka Pilihan Pengembang
6. Switch ke Enable pada bagian Aktif bagian atas
7. Scrol sampai bagian bawah
8. Switch ke Enable pada opsi Mendebug USB
9. Jika sukses maka kamu sudah bisa mengaktifkan mode ini dan bisa memilih aplikasi mana yang akan di hapus.

Cara diatas mungkin tidak cocok untuk beberapa smartphone berbeda maka dari itu sangat tidak kamu anjurkan menggunakan cara ini. Selain itu perhatikan juga aplikasi yang akan di hapus karena beberapa aplikasi bawaan juga memiliki fungsi yang di butuhkan smartphone itu sendiri.

4. Akses Root

Root HP SamsungJika sudah memiliki akses Root maka pengguna akan lebih mudah untuk melakukan berbagai tindakan pada smartphone mereka salah satunya untuk Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung yang lebih mudah. Jika untuk melakukan Root HP Samsung sendiri cukuplah mudah namun ada beberapa efek negatif yang bisa di hasilkan dalam melakukan cara yang satu ini. Salah satunya jika terjadi kerusakan Hardware dan Software maka tidak bisa di tanggung atau perbaiki di Samsung Center dan juga akan merusak garansi HP tersebut.

Dengan membuka akses root juga akan membuat smartphone lebih rentang terjhadap berbagai ganguan seperti Virus dan keamanan smartphone yang menjadi semakin lemah saat akses Rooting sudah di buka. Maka dari itu sangat tidak di anjurkan untuk menghidupkan akses Root pada smartphone kesayangan kita.

Baca Juga Informasi Samsung Lainnya
Cara Hapus Akun Gmail PermanenKode Rahasia Samsung
Cara Cek Tipe HP SamsungCara Cek IMEI Samsung

Beberpa aplikasi bawaan smartphone memang sengaja tidak bisa di hapus karena berbagai alasan itulah mengapa Produsen mengunci beberapa aplikasi termasuk aplikasi Google untuk tidak bisa di Hapus dengan mudah. Oleh karena ini juka kita mengalami masalah memori internal yang sudah habis mungkin sudah saatnya kita memperbesar atau menggunakan MicroSD dengan kapasitas besar.

Advertisement