Cara Menghemat Baterai Samsung Tanpa Aplikasi 100% Ampuh

Advertisement

Cara Menghemat Baterai Samsung – Kami yakin sebagian besar pengguna smartphone Samsung mengalami masalah baterai boros atau cepat habis. Biasanya masalah tersebut terjadi karena kondisi baterai yang sudah lemah sehingga daya tahan baterai menurun.

Kapasitas baterai juga sangat berpengaruh terhadap daya tahan baterai. Biasanya hp Samsung baterai 5.000 mAh atau 4.000 mAh memiliki daya tahan lebih baik dibandingkan hp Samsung yang memiliki kapasitas baterai lebih kecil seperti Galaxy A2 Core ataupun seri lainnya.

Sebenarnya faktor utama yang mempengaruhi daya tahan baterai hp Samsung adalah kebiasaan pengguna. Apabila terlalu lama bermain game, sudah pasti baterai akan cepat habis. Untuk mengatasi hal tersebut, maka kita harus membatasi waktu bermain game sehingga baterai selalu irit.

Advertisement

Masih ada banyak cara menghemat baterai Samsung yang bisa kalian lakukan demi menjaga daya tahan baterai. Nah untuk mengetahui apa saja caranya, silahkan simak informasi yang dirangkum redaksi samsungstarters.com berikut ini.

Tutorial Cara Menghemat Baterai Samsung

1. Aktifkan Power Mode

Power Mode SamsungSemua tipe hp Samsung dilengkapi fitur untuk menghemat baterai, yakni Power Mode. Fitur tersebut memungkinkan kita mengatur pemakaian daya baterai, sesuai kebutuhan. Ada empat mode yang disediakan, yakni High Performance, Optimized, Medium Power Saving, dan Maximum Power Saving.

Keempat pilihan Power Mode diatas bisa diakses dengan cara masuk ke menu Setting, lalu pilih menu Device Core. Kemudian pilih menu Battery. Namun apabila kalian masih menggunakan OneUI 1.0, maka pilihlah menu Device Maintence pada menu setting.

Dari ke empat pilihan Power Mode diatas, kami sarankan untuk memilih Medium Power Saving atau Maximum Power Saving. Apabila salah satunya dipilih, maka secara otomatis resolusi dan kecerahan layar akan dikurangi agar konsumsi baterai tidak terlalu boros.

Cara Menghemat Baterai Android SamsungKecepatan processor juga dikurangi dan fitur always on display akan dinonaktifkan. Jika baterai dirasa masih boros, maka kalian bisa memilih Maximum Power Saving yang akan menonaktifkan beragam fitur, seperti Fingeprint Sensensor dan membatasi aplikasi yang bisa dijalankan.

Menggunakan fitur Power Mode menurut kami lebih efektif dibandingkan kita menggunakan aplikasi penghemat baterai. Pasalnya fitur Power Mode akan secara otomamtis mengatur pemakaian daya baterai, sesuai dengan mode yang kita pilih.

Advertisement

2. Mengurangi Kecerahan Layar

Kecerahan Layar SamsungKecerahan layar sangat mempengaruhi pemakian baterai hp Samsung. Oleh karena itulah kami sarankan untuk mengurangi kecerahan layar hingga dibawah 30%. Namun apabila sedang berada di luar ruangan, maka kalian bisa meningkatkan kecerahan layar agar tulisan dan gambar tetap terlihat jelas. Selain itu, kalian juga perlu menonaktifkan Adaptive Brightness atau kecerahan layar otomatis agar kecerahan layar tidak berubah-ubah.

4. Matikan Sinkronisasi

Cara Menghemat Baterai SamsungApabila kita memasukan akun Google ataupun akun Samsung pada handphone yang kita miliki, maka secara otomatis akan menyinkronkan data ke akun tersebut. Proses sinkronasi akan berjalan secara terus menerus apabila smartphone terhubung dengan internet. Proses tersebut akan menyedot daya baterai cukup banyak, jadi lebih baik menonaktifkannya.

5. Matikan GPS / Akses Lokasi

Cara Menghemat Baterai Hp SamsungGPS wajib kalian matikan apabila ingin baterai hp Samsung tetap irit. Cara menonaktifkannya sangat gampang. Kalian hanya perlu masuk ke menu Setting, kemudian pilih Location. Selanjutnya tinggal menonaktifkan akses lokasi agar GPS mati.

6. Jangan Terlalu Banyak Menginstal Aplikasi

Semakin banyak kita menginstal aplikasi, maka semakin banyak aplikasi yang berjalan pada processor background. Terlebih jika kita terlalu banyak menginstal aplikasi social media yang secara otomatis akan selalu hidup untuk menampilkan notifikasi. Nah agar baterai tetap irit, maka cara menghemat baterai Samsung yang bisa kalian lakukan adalah mengurangi pemakaian aplikasi dan hanya menginstal aplikasi yang penting-penting saja.

7. Menggunakan Charger Original

Charger SamsungPemakaian charger non-original bisa membuat baterai smartphone cepat rusak. Pasalnya rata-rata charger non-original tidak memiliki arus daya yang stabil sehingga bisa merusak kesehatan baterai. Apabila terpaksa harus memakai charger non-original, maka kami sarankan untuk membeli charger dari merk-merk ternama seperti Uneed, Aukley ataupun Anker.

8. Update Software

Update Software SamsungSamsung selalu memberikan update software secara rutin. Namun sering kali terdapat bug pada update software yang menjadikan baterai boros. Apabila hal tersebut terjadi, maka Samsung akan merilis update lanjutan untuk mengatasi semua bug yang menyebabkan baterai boros ataupun masalah lainnya. Oleh karena itulah kami sarankan untuk selalu menginstal update software yang diberikan Samsung secara rutin.

9. Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Live Wallpaper SamsungLive wallpaper atau wallpaper bergerak hanya akan menguras daya baterai. Pasalnya kita sama saja menjalankan video secara terus menerus, sehingga baterai yang menjadi korban. Saran kami, lebih baik menggunakan wallpaper statis yang tak akan menyedot daya baterai.

10. Kurang Widget Pada Home Screen

Widget Hp SamsungAda banyak aplikasi yang menyediakan fitur Widget. Nah apabila kita mengaktifkan fitur tersebut, maka aplikasi akan berjalan secara terus menerus. Semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka pemakaian baterai semakin besar. Oleh karena itulah cara menghemat baterai Samsung yang paling tepat adalah menghindari pemakaian Widget yang tidak perlu.

11. Aktifkan Dark Mode

Dark Mode SamsungSaat ini sedang populer fitur Dark Mode. Fitur tersebut akan merubah antarmuka Samsung menjadi warna hitam sehingga lebih nyaman dipandang dalam waktu lama. Tak hanya itu, fitur Dark Mode juga membuat baterai lebih irit, karena akan mengurangi tingkat kecerahan layar dengan mengganti latar belakang menjadi berwarna hitam. Cara menghemat baterai Samsung ini memang cukup efektif, namun sayangnya masih banyak aplikasi yang belum mendukung fitur dark mode.

12. Mengkalibrasi Baterai Samsung

Kalibrasi Baterai Samsung

Apa sih fungsi kalibrasi? Fungsinya adalah untuk mengembalikan kondisi baterai agar seperti semua. Cara kalibrasi baterasi Samsung cukup mudah dan bagi yang belum tahu caranya, silahkan simak informasi samsungstarters.com berikut ini “Cara Mengkalibrasi Baterai hp Samsung“. Namun perlu kalian ketahui,

13. Menggunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Penghemat Baterai SamsungSolusi termudah untuk meningkatkan daya tahan baterai Samsung adalah dengan menginstal aplikasi penghemat baterai. Kalian bisa melihat daftar aplikasinya pada artilel berikut “Aplikasi Penghemat Baterai Samsung“. Rata-rata aplikasi tersebut bekerja dengan cara mematikan aplikasi yang berjalan pada background prosess dan mengoptimalkan performa agar konsumsi daya baterai lebih irit.

14. Ganti Baterai

Ganti Baterai SamsungApabila semua cara menghemat baterai Samsung diatas tidak ada yang berhasil, mungkin masalah utamanya adalah karena kondisi baterai yang sudah lemah. Alhasil kita harus mengganti baterai yang lama dengan yang baru. Nah untuk mengetahui berapa harganya, silahkan simak informasi “daftar harga baterai Samsung original” pada artikel sebelumnya.

Harga Hp Samsung Lainnya
Game Android Terbaik Harga Samsung Galaxy S20 Plus
Cara Reset HP SamsungCara unduh dan install tema

Nah demikianlah berbagai macam cara menghemat baterai Samsung yang bisa kalian coba untuk meningkatkan daya tahan baterai. Semoga informasi yang kami sampaikan diatas bisa menjadi solusi bagi kalian yang selama ini mengalami masalah baterai hp Samsung boros atau cepat ngedrop.

Advertisement