10 Cara Menonaktifkan WA Sementara dan Permanen

Advertisement

Cara Menonaktifkan WA – Sudah ada lebih dari 1.2 Miliar pengguna WhatsApp di seluruh dunia. Aplikasi tersebut menjadi aplikasi chating terpopuler di dunia mengalahkan Facebook Messenger, WeChat, Line, Skype, dan beragam aplikasi chating lainnya. Kepopuleran WhatsApp bukan tanpa alasan. Sebab aplikasi ini memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi secara online dengan format text, audio, ataupun video.

Yah, fitur yang disediakan WhatsApp memang sangat lengkap. Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengirim pesan saja, namun juga untuk telepon dan video call. Selain itu, WhatsApp juga memiliki fitur untuk mengirimkan file, foto, hingga fitur berbagai lokasi.

Meskipun fiturnya sangat lengkap dan memudahkan dalam berkomunikasi, namun banyak orang yang ingin menonaktifkan akun WhatsApp miliknya. Alasan setiap orang berbeda-beda. Biasanya dikarenakan sudah tidak membutuhkan WhatsApp untuk berkomunikasi.

Advertisement

WhatsApp memberi kebebasan bagi para penggunanya untuk menonaktifkan akun WA. Namun sebelum menoaktifkan WA, kalian wajib mengetahui terlebih dahulu apa saja resiko yang akan didapatkan apabila menonaktifkan WA. Untuk mengetahui apa saja resikonya, silahkan simak di bawah ini.Cara Menonaktifkan WA Sementara dan Permanen

Resiko Menghapus Akun WhatsApp

Ada beberapa resiko yang akan kalian dapatkan apabila menonaktifkan akun WA. Oleh karena itulah kami sarankan untuk berpikir 2x sebelum mencoba cara menonaktifkan WA yang kami sampaikan pada artikel kali ini. Adapun resiko yang akan didapatkan adalah sebagai berikut.

  1. Akun WhatsaApp akan terhapus
  2. Semua history pesan WhatsApp akan terhapus
  3. Akan menghapus akun dari semua grup WhatsApp
  4. Akan menghapus backup WhatsApp di Google Drive

Menonaktifkan WA secara permanen sama saja dengan menghapus semua riwayat pesan WhatsApp, baik itu foto, chating, ataupun video. Selain itu akun akan secara otomatis keluar dari grup WhatsApp dan backup pesan yang tersimpan di Google Driver juga akan terhapus.

Advertisement

Cara Menonaktifkan WA Permanen

Bagi yang sudah yakin 100% untuk menonaktifkan WA secara permanen, maka bisa menyimak caranya dibawah ini.

  1. Langkah pertama adalah membuka Aplikasi WhatsApp.Aplikasi WhatsApp
  2. Selanjutnya pilih Opsi Lainnya dengan cara klik icon tiga titik pada pojok kanan atasCara Hapus Akun WA
  3. Kemudian pilih menu SetelanSetelan WhatsApp
  4. Setelah itu pilih menu AkunPengaturan Akun WA
  5. Selanjutnya pilih Hapus Akun SayaCara Menonaktifkan Akun WhatsApp Permanen
  6. Langkah selanjutnya tinggal memasukan nomor telepon yang digunakan untuk login WhatsApp. Kemudian klik HAPUS AKUN SAYACara Menghapus Akun WA Permanen
  7. Kemudian kita akan disuruh memilih alasan mengapa menghapus akun WhatsAppAlasan Hapus Akun Wa
  8. Setelah memilih salah satu alasan atau memasukan alasan lainnya, maka selanjutnya klik HAPUS AKUN SAYA Hapus Akun Wa
  9. Selanjutnya akan muncul peringatan bahwa penghapusan akun WhatsApp bersifat permanen dan data tidak bisa dipulihkan setelah akun terhapus. Apabila sudah yakin akan menghapus akun WhatsApp, silahkan klik “HAPUS AKUN SAYA
  10. Apabila akun berhasil dihapus, maka akan muncul tulisan “Akun WhatsApp Telah Dihapus”Akun WA Terhapus

Apabila sudah mencoba cara menonaktifkan WA di atas, maka akun WhatsApp akan terhapus secara permanen dan tidak bisa digunakan lagi. Proses penghapusan akun membutuhkan waktu hingga 90 hari sejak proses penghapusan dimulai. Lalu yang jadi pertanyaan sekarang, apakah nomor handphone yang sudah dihapus bisa digunakan kembali untuk mendaftar WhatsApp?

Apakah Bisa Mendaftar Kembali?

Bagi yang menyesal telah menonaktifkan WA secara permanen, maka bisa kembali mendaftar dengan nomor WhatsApp yang sama. Namun semua riwayat chat pada akun sebelumnya tetap terhapus. Sedangkan untuk daftar kontak yang tersedia tetap sama. Sebab kontak WhatsApp terintegrasi langsung dengan kontak yang tersimpan di smartphone.

Advertisement

Tentu sayang rasanya apabila semua history pesan terhapus. Terlebih jika ada pesan-pesan penting yang seharusnya tidak terhapus. Kami sendiri lebih menyarankan untuk menonaktifkan WA sementara dan kembali mengaktifkannya saat dibutuhkan sehingga kalian tidak perlu menghapus akun secara permanen.

Cara Menonaktifkan WA Sementara di Hp Samsung

Cara Menonaktifkan WA Sementara di Hp SamsungAda beberapa cara menonaktifkan WA sementara. Cara yang termudah adalah dengan menguninstal aplikasi WhatsApp, kemudian instal kembali saat membutuhkannya. Selain itu, kalian juga bisa mendisable aplikasi WhatsApp agar tidak berjalan untuk sementara waktu.

Cara disable aplikasi di setiap smartphone berbeda-beda. Pada umunya adalah masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Managemen Aplikasi. Kemudian cara aplikasi WhatsApp dan klik Disable atau Nonaktifkan. Lalu bagaimana dengan pengguna smartphone Samsung?

Cara menonaktifkan WA sementara pada hp Samsung tidak berbeda jauh dengan smartphone Android pada umumnya, yakni dengan disable aplikasi WhatsApp. Hanya saja fitur disable aplikasi pada hp Samsung sedikit tersembunyi, terutama untuk smartphone dengan sistem operas OneUI.

Sebagai contoh untuk Samsung Galaxy Note 10+ dengan sistem operasi OneUI 2.1 caranya adalah dengan masuk ke menu Pengaturan, kemudian pilih, Perawatan Perangkat. Selanjutnya pilih menu Baterai dan pilih Managemen Daya Aplikasi. Setelah itu pilih Aplikasi nonaktif.

Pada bagian aplikasi nonaktif, kemudian pilih Tambah Aplikasi dan cari aplikasi WhatsApp. Setelah itu aplikasi WhatsApp akan dinonakifkan untuk sementara dan hanya bisa aktif kembali saat kita membuka aplikasi tersebut.

Baca Juga Informasi Samsung Lainnya
Cara Mengetahui WhatsApp DisadapAplikasi Penyadap WhatsApp
Cara Dark Mode WhatsAppCara Menyadap Hp Android

Nah demikianlah cara menonaktifkan WA sementara dan permanen yang bisa dicoba di hp Samsung ataupun smartphone lainnya. Cukup sekian informasi samsungstarters.com kali ini, semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin menonaktifkan akun WhatsApp

Advertisement