6 Cara Menggunakan OTG di Samsung Ke Flashdisk

Advertisement

Banyak pengguna hp Samsung yang belum mengetahui cara menggunakan USB OTG di hp Samsung. Padahal caranya sangat mudah dan kami akan memberitahukan caranya pada artikel samsungstarters.com berikut ini.

Bagi yang belum tahu, USB OTG adalah sebuah konektor yang memungkinkan hp Samsung terhubung ke perangkat penyimpanan eksternal seperti flashdisk atau bahkan hardisk.

Ada banyak sekali jenis USB OTG yang beredar dipasaran. Kalian bisa membelinya dengan harga puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Bagi yang ingin membelinya, pastikan memilih USB OTG sesuai dengan port USB yang sesuai.

Advertisement

Ada dua jenis port USB pada hp Samsung. Untuk tipe lama rata-rata masih menggunakan port MicroUSB 2.0. Sedangkan untuk tipe terbaru sudah menggunakan port USB Type-C yang dari segi teknologi lebih canggih dibanding port MicroUSB 2.0.

Perbedaan antara MicroUSB dan USB Type-C adalah bentuk konektornya. Sebab untuk USB Type-C bisa digunakan secara bolak balik karena bentuk bagian atas dan bawahnya sama saja. Selain itu, port USB Type-C memiliki kecepatan transfer lebih cepat dibanding MicroUSB.

Bagi yang saat ini menggunakan hp Samsung terbaru seperti Samsung A02s, A11, A12, A30 ataupun tipe di atasnya maka sudah menggunakan USB Type-C. Sedangkan untuk tipe lama seperti Samsung A10, A10s, J2 Prime, A01, dll maka masih menggunakan MicroUSB 2.0.

Advertisement

Selain masalah port USB, kalian juga wajib mengetahui apakah handphone kalian mendukung USB OTG atau tidak. Sebab ada beberapa tipe hp Samsung yang belum mendukung fitur USB OTG, terutama untuk tipe-tipe jadul.

Nah, setelah memastikan handphone mendukung USB OTG maka tinggal mencoba cara menggunakan OTG di hp Samsung berikut ini.

Jenis-Jenis USB OTG

Seperti yang kami sampaikan di atas, ada beberapa jenis USB OTG yang beredar dipasaran. Kalian tinggal memilihnya sesuai dengan jenis port USB yang terdapat pada hp Samsung.

Advertisement

Apabila memiliki hp Samsung dengan USB Type-C maka pilihlah OTG USB Type-C. Sedangkan untuk hp Samsung dengan MicroUSB maka hanya bisa menggunakan OTG MicroUSB.

Untuk merk terserah kalian, namun kami sarankan untuk membeli OTG dari merk-merk berkualitas seperti Vention, Sniper, Basesus, UNEE, Orico, dan beragam merk ternama lainnya yang telah terbukti kualitasnya.

Selain itu, perhatikan pula jenis USB OTG yang dibeli. Ada dua jenis yang beredar dipasaran dan untuk mengetahuinya silahkan simak di bawah ini

1. Kabel USB OTG (Male to USB)

Kabel USB OTG

Jenis yang pertama adalah OTG berbentuk kabel USB yang menghubungkan antara port USB yang ada di smartphone dengan port USB Male.

USB OTG jenis ini bisa kalian gunakan untuk menghubungkan hp Samsung dengan flashdisk, Keyboard, Mouse, Hardisk, Gamepad, maupun perangkat lainnya yang menggunakan port USB.

2. Connector / Adapter OTG

Konektor OTG

Kemudian yang kedua berbentuk adapter yang langsung terhubung ke port MicroUSB maupun USB Type-C pada smartphone Samsung. Kelebihan USB OTG ini adalah lebih simple karena bisa langsung terhubung ke perangkat USB tanpa adanya kabel.

Fungsinya sama saja dengan kabel USB OTG, yakni menghubungkan hp Samsung dengan perangkat USB eksternal seperti flashdisk, keyboard, mouse, dll. Hanya saja bentuknya lebih kecil sehingga lebih mudah digunakan.

Bagi yang membutuhkan penyimpanan eksternal sebenarnya bisa membeli Flashdisk yang sudah dilengkapi connector OTG sehingga bisa langsung terhubung ke hp Samsung tanpa perlu connector tambahan.

Cara Menggunakan USB OTG

Cara Menggunakan OTG di Samsung

Nah, setelah mengetahui beragam jenis USB OTG, selanjutnya mari kita membahas cara menggunakan OTG di Samsung.

  1. Pertama, pastikan handphone kalian mendukung fitur USB OTG (On-The-Go)
  2. Kemudian beli USB OTG sesuai dengan jenis port yang terdapat pada smartphone, apakah USB Type-C atau MicroUSB 2.0
  3. Berikutnya colokan OTG pada port USB yang ada di smartphone.
  4. Setelah itu colokan perangkat eksternal ke perangkat OTG,  seperti Flashdisk ataupun perangkat lainnya.
  5. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan pada hp Samsung bahwa ada perangkat yang terhubung.
  6. Apabila kalian menghubungkan flashdisk, maka tinggal membuka File Manager dan akan terlihat Drive Penyimpanan USB

Hanya itu saja cara menggunakan USB OTG di hp Samsung. Caranya sangat mudah dan kami yakin semua pengguna hp Samsung bisa mencobanya. Lalu bagaimana jika sudah menghubungkan USB OTG ke hp, namun tidak ada pemberitahuan terhubung?

Apabila tidak terhubung maka ada dua kemungkinan. Yang pertama adalah USB OTG rusak, dan yang kedua karena faktor smartphone tidak mendukung fitur OTG. Silahkan kalian coba di handphone lain, untuk memastikan apakah USB OTG rusak atau tidak.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Membersihkan Speaker Hp SamsungCara Menghapus Cache HP Samsung
Spesifikasi Samsung Galaxy A51 5GCara Mengaktifkan Samsung Pay

Nah demikianlah informasi singkat mengenai cara menggunakan OTG di hp Samsung. Silahkan kalian mencobanya sendiri dan semoga informasi yang kami sampaikan di atas bisa menjadi referensi bagi pengguna hp Samsung di seluruh Indonesia.

Advertisement