5 Cara Screenshot Samsung A24 Tanpa Tombol Power

Advertisement

SamsungStarter.com – Mengambil tangkapan layar atau screenshot adalah salah satu fitur penting di hampir semua smartphone, termasuk Samsung A24. Screenshot memungkinkan untuk merekam tampilan layar perangkat, baik untuk berbagi informasi penting, menyimpan catatan, atau mengatasi masalah dengan dukungan teknis. Cara Screenshot Samsung A24 Tanpa Tombol Power bisa dilakukan dengan mudah tanpa aplikasi tambahan.

Meskipun secara umum tombol fisik digunakan untuk mengambil screenshot pada sebagian besar ponsel, metode pengambilan screenshot tanpa tombol juga semakin dicari dan diharapkan. Pada Samsung A24, ada beberapa cara yang dapat coba untuk mengambil tangkapan layar, termasuk opsi yang memanfaatkan kombinasi tombol dan metode alternatif menggunakan gestur atau fitur bawaan.

Metode pertama yang umum digunakan untuk mengambil screenshot pada Samsung A24 adalah dengan menggabungkan tombol Volume Down dan tombol Power secara bersamaan. Dengan mengaktifkan kedua tombol ini pada saat yang sama, perangkat akan menangkap tampilan layar dan menyimpannya di galeri atau folder tangkapan layar.

Advertisement

Selain metode konvensional dengan tombol, Samsung sering kali menyediakan fitur pengambilan screenshot dengan gestur atau gerakan pada antarmuka pengguna mereka. Salah satunya adalah melalui “Palm Swipe to Capture”, di mana dapat mengambil screenshot dengan meluncurkan telapak tangan di sepanjang layar secara horizontal. Pastikan untuk mengaktifkan opsi ini di pengaturan sistem perangkat sebelum menggunakannya.

Terakhir, dengan kemajuan teknologi dan pembaruan perangkat lunak, tidak menutup kemungkinan bahwa metode pengambilan screenshot tanpa tombol fisik bisa saja diperkenalkan pada model Samsung A24 atau perangkat Samsung masa depan. Tetap up-to-date dengan informasi terbaru dari Samsung atau sumber-sumber terpercaya untuk mengetahui apakah fitur semacam itu telah tersedia.

Cara Screenshot Samsung A24 Tanpa Tombol

Cara Screenshot Samsung A13 Dengan Usap LayarDengan begitu banyak pilihan yang mungkin tersedia, mengambil screenshot pada Samsung A24 dapat dilakukan dengan berbagai cara, dari yang konvensional hingga yang inovatif. Pilihan tergantung pada preferensi pribadi dan kemampuan perangkat lunak pada saat menggunakan ponsel ini.

Pada beberapa model Samsung, seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, Kamu dapat menggunakan metode “Palm Swipe to Capture” atau “Swipe with the Edge of Your Hand” untuk mengambil screenshot tanpa tombol. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan dan menggunakan metode ini pada perangkat Samsung:

  1. Aktifkan Palm Swipe to Capture
    • Buka aplikasi “Pengaturan” pada perangkat.
    • Gulir ke bawah dan cari opsi “Gerakan dan Gestur” atau “Gerakan Lanjutan”.
    • Cari opsi yang berkaitan dengan “Palm Swipe to Capture” atau serupa.
    • Aktifkan opsi ini.
  2. Mengambil Screenshot dengan Palm Swipe
    • Pastikan opsi “Palm Swipe to Capture” telah diaktifkan.
    • Buka layar atau aplikasi yang ingin tangkap screenshot-nya.
    • Letakkan tangan dengan lebar di sisi tepi layar perangkat.
    • Gesekkan telapak tangan secara cepat dari sisi ke sisi layar. Pastikan gerakannya di atas layar, jangan terlalu rendah.
    • Kamu mungkin perlu mencoba beberapa kali untuk menguasai gerakan ini.

Harap dicatat bahwa metode ini mungkin tidak tersedia pada semua model atau versi perangkat lunak Samsung. Jika metode ini tidak bekerja pada Samsung A24, itu mungkin karena perangkat ini tidak mendukung fitur tersebut.

Cara Screenshot Panjang Samsung A50SPada beberapa model ponsel Samsung yang lebih baru, Kamu mungkin memiliki opsi untuk mengambil screenshot melalui fitur notifikasi atau Quick Settings. Ini adalah cara yang lebih cepat dan mudah untuk mengambil screenshot tanpa harus menggunakan kombinasi tombol. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengambil screenshot menggunakan fitur notifikasi:

Advertisement
  1. Buka Layar atau Aplikasi yang Ingin diTangkap. Pastikan bahwa berada di layar atau aplikasi yang ingin ambil screenshot-nya.
  2. Tarik Bawah Panel Notifikasi. Tarik panel notifikasi dari bagian atas layar ke bawah dengan menggesekkan jari.
  3. Temukan dan Ketuk Ikon Screenshot. Biasanya, Kamu akan melihat opsi “Screenshot” atau ikon kamera di panel notifikasi. Ini adalah pintasan untuk mengambil screenshot.
  4. Tangkap Screenshot. Setelah mengklik ikon screenshot, perangkat akan segera mengambil screenshot layar.
  5. Lihat Hasil Screenshot. Screenshot yang baru saja ambil akan tersimpan dalam galeri ponsel. Kamu dapat membuka galeri atau folder tangkapan layar untuk melihat dan mengelola gambar tersebut.

Pastikan untuk memeriksa panduan pengguna perangkat atau sumber resmi Samsung untuk instruksi yang lebih spesifik dan akurat. Jika ada perbedaan dalam antarmuka atau fitur yang disediakan oleh ponsel, petunjuk tersebut akan memberi Kamu informasi yang lebih tepat sesuai dengan perangkat.

Jika cara ini tidak berhasil atau ingin mencoba alternatif lain, Kamu mungkin perlu mengandalkan tombol fisik, yaitu dengan menekan tombol Volume Down bersamaan dengan tombol Power secara bersamaan. Dengan mengaktifkan kedua tombol ini pada saat yang sama, perangkat akan menangkap tampilan layar dan menyimpannya di galeri atau folder tangkapan layar.

Saya ingin menekankan bahwa informasi ini sesuai dengan pengetahuan saya hingga September 2021. Jika ada pembaruan lebih lanjut pada perangkat Samsung A24 setelah itu, pastikan untuk memeriksa sumber resmi atau panduan pengguna terbaru untuk informasi yang lebih akurat.

Ada banyak sekali opsi melakukan opsi tangkapan layar pada Samsung A24 bisa dilakukan dengan melakukan beberapa metode. Pengguna HP Samsung bisa menggunakan dua opsi diatas untuk bisa melakukan untuk bisa melakukan tangkapan layar, simak juga ulasan menggenai Cara Cek Kondisi Hp Samsung pada informasi sebelumnya.

Advertisement