7 Cara Memperbaiki Speaker HP Samsung Yang Rusak

Advertisement

Cara Memperbaiki Speaker HP Samsung Yang Rusak, Speaker HP merupakan salah satu komponen penting yang terdapat didalam HP. Hal ini dikarenakan fungsi speaker tersebut sangat dibutuhkan baik itu untuk mendengarkan musik, maupun untuk keperluan telepon.

Namun, apa yang terjadi jika speaker tersebut mengalami masalah kerusakan, pastinya akan sangat meresahkan dan untuk melakukan telepon pun akan terganggu. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa mengatasi masalah speaker HP SAMSUNG yang rusak.

Sebelum lanjut ke cara-cara untuk memperbaiki speaker HP yang rusak, ada baiknya ketahui terlebih dahulu hal-hal yang menyebabkan speaker HP menjadi rusak. Biasanya, hampir 80% kerusakan pada speaker HP terjadi pada komponen HP itu sendiri yaitu, bisa dari IC Audio, IC Power HP atau bahkan dari speaker itu sendiri.

Advertisement

Namun, komponen-komponen yang rusak tersebut bisa diakibatkan karena beberapa faktor seperti dibawah ini.

  • Terjadi karena menyambungkan speaker aktif yang memiliki tegangan tinggi.
  • Terkena air, bisa kerena jatuh kedalam air ataupun terkena hujan.
  • Usia HP yang suah terlalu tua.
  • Temperatur HP sering mengalami panas yang berlebih.
  • Dan masih banyak faktor lain yang menyebabkan komponen speaker HP menjadi rusak.

Setelah mengetahui hal-hal yang menyebabkan speaker HP menjadi rusak, sekarang bisa dilakukan cara-cara untuk memperbaiki speaker yang rusak tersebut. Beikut penjelasan SAMSUNGSTARTER menggenai cara Memperbaiki Speaker HP Samsung Yang Rusak.

Cara-Cara Untuk Memperbaiki Speaker HP yang Rusak

Cara Memperbaiki Speaker HP Samsung

Advertisement

1. Masukkan HP Kedalam Beras Jika Terkena Air

Cara yang pertama untuk mengatasi speaker HP yang rusak adalah dengan memasukkan HP kedalam beras. Cara ini dilakukan jika kondisi HP terkena air yang menjadikan speker HP menjadi rusak dan tujuan dari memasukkan HP kedalam beras adalah untuk mengeringkan kadar air yang tersisa di dalam HP seperti pada speaker serta komponen lainnya. Caranya adalah dengan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Lepas terlebih dahulu Casing, Kartu SIM, Slot kartu SD, Baterai dan lainnya sebelum dimasukkan kedalam beras.
  2. Jika sudah, selanjutnya masukkan HP tersebut kedalam beras dan ditutup hingga rapat menggunakan beras.
  3. kemudian tunggu hingga beberapa hari sampai dirasa kadar air yang terdapat didalam HP sudah hilang lalu pasang kembali komponen yang dilepas tadi.
  4. Setelah itu, nyalakan HP jika semua komponen sudah terpasang.
  5. Biasanya cara ini efektif untuk mengatasi speaker yang rusak karena terkena air.

2. Membersihkan Speaker

Speaker yag rusak juga bisa disebabkan karena speaker tersebut kotor sehingga bunyi speaker menjadi tidak maksimal dan suara yang dihasilkan juga menjadi tidak enak didengar. Salah satu cara untuk mengatasi hal seperti ini adalah dengan membersihkan speaker yang kotor tersebut. Adapun cara membersihkannya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, siapkan tisu dan jarum.
  2. Kemudian buka casing penutup speaker pada HP.
  3. Setelah itu, bersihkan bagian speaker menggunakan tisu.
  4. Jika sudah, maka dilanjut dengan menggunakan jarum untuk mengangkat serbuk besi yang menempel pada speaker.
  5. Lakukan secara perlahan agar tidak merusak speaker.
  6. Setelah benar-benar bersih kemudian tutup kembali casing HP tersebut.
  7. Biasanya, jika speaker sudah bersih dari kotoran, maka bunyi speaker akan terdengar normal kembali.

3. Melalui Tes Hardware Speaker

Selanjutnya, cara untuk memperbaiki speaker HP yang rusak bisa dilakukan dengan mengetes hardware speaker. Jika sudah melakukan cara diatas tapi speaker yang rusak masih belum teratasi, maka bisa dilakukan cara ini untuk mengetes apakah hardware speaker masih normal atau sudah rusak. Agar tidak penasaran, simak penjelasannya dibawah ini.

Advertisement
  1. Pertama, buka HP dan masuk ke menu Dial.
  2. Kemudian ketik pada pad Dial tersebut dengan memasukkan kode *#0*#.
  3. Setelah itu akan muncul “mode hardware testing” pada layar HP.
  4. Kemudian pilih menu “Speaker”.
  5. Jika sudah, maka bisa dengarkan suara dari speaker tersebut.
  6. Apabila suara speakernya normal, berarti speaker tersebut masih bagus.
  7. Sedangkan jika suara pada speaker tersebut masih berbunyi kresek-kresek atau bahkan tidak ada suaranya sama sekali, besar kemungkinan speaker tersebut sudah rusak dan tidak bisa digunakan kembali.

4. Mengganti Komponen Speaker yang Rusak

Jika sudah menggunakan cara diatas, namun speaker yang rusak masih belum bisa teratasi maka bisa menggunakan cara yang terakhir, yaitu dengan mengganti komponen speaker yang rusak. Untuk mendapatkan komponen ini bisa didapatkan di aksesoris HP atau di toko online dengan harga yang bervariasi tergantung tipe HP yang akan diperbaiki.

Cara ini dilakukan bagi yang sudah ahli dan butuh pengalaman agar tidak timbul masalah yang baru. Bagi yang tidak bisa melakukan cara ini, sebaiknya bawa saja ketempat servis HP agar lebih terjamin keamanannya.

Kesimpulan

Demikian ulasan tentang cara-cara untuk memperbaiki speaker HP yang rusak yang bisa dicoba. Dari cara-cara diatas bisa dipilih mana cara yang paling tepat dan sesuai dengan kerusakan yang terjadi pada speaker HP.

Cara-cara diatas juga merupakan cara-cara yang sering dipakai oleh kebanyakan orang jika mengalami kerusakan pada speaker HP. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat baca juga Cara Mengaktifkan Getar Keyboard Samsung pada review sebelumnya.

Advertisement