7 Cara Mengatasi Baterai Kembung Dengan Mudah

Advertisement

Cara Mengatasi Baterai Kembung – Masalah baterai kembung memang masih menjadi sebuah hal yang sering kita jumpai di smartphone. Dimana masalah baterai kembung seperti ini bisa kamu selesaikan dengan beberapa cara.

Namun jika kamu masih memperlakukan smartphone kamu dengan sembarangan maka resoko baterai kembung masih akan tetap bisa kamu rasakan. Masalah baterai kembung tentunya akan menjadi hal yang akan terus mengghantui pengguna ponsel.

Penyebab baterai kembung pada umumnya di karenakan pengguna yang sering mengisi daya baterai dalam waktu yang lama dan juga sering. Mengetahui hal tersebut Samsung menyediakan beberapa ponsel dengan baterai besar sebut saja Samsung Galaxy M51 ponsel murah dengan baterai 7.000 mAH. Dimana dengan kapasitas sebesar itu pastinya pengguna ga akan sering-sering mengisi daya smartphonenya.

Advertisement

Untuk kasus baterai kembung sebenarnya kamu harus tau beberapa cara mengatasinya serta kiat mencegahnya agar nantinya kejadian baterai kembung ga bakalan menghampiri kamu lagi. Berikut SamsungStarters.com bakalan memberikan informasi menarik buat kamu menggenai Cara Mengatasi Baterai Kembung dengan mudah versi samsungstarters.

Cara Mengatasi Baterai Kembung

Cara Mengatasi Baterai Kembung

1. Penyebab Baterai Kembung

Sebelum mengetahui cara-cara untuk memperbaiki baterai HP yang kembung, kamu harus mengetahui sebabnya dahulu. Ada beberapa alasan yang menjadi penyebab baterai menggembung yaitu, saat baterai sudah penuh ketika di charge tapi kabel tidak langsung dicabut sehingga menyebabkan overcharge yang menyebabkan baterai kelebihan daya dan menjadi kembung.

Advertisement

Overcharge juga menyebabkan reaksi kimia yang terjadi antara elektroda dan elektrolit yang memproduksi gas dan panas sehingga ketika gas dan panas tersebut memenuhi baterai, maka ukuran baterai pun akan mengembang yang menyebabkan baterai retak bahkan bisa pecah.

2. Cara mengatasi Baterai Kembung dengan Memasukkan Ke Freezer

Salah satu cara untuk mengatasi baterai yang kembung adalah dengan cara memasukkannya ke dalam Freezer. Cara ini memang sangat umum dilakukan bagi yang punya Kulkas, caranya ambil dahulu baterai dari HP kemudian bungkus dengan plastik dan jangan sampai ada yang terbuka karena jika terbuka, baterai bisa basah dan akan merusak baterai.

Setelah itu, masukkan baterai tersebut kedalam freezer beberapa saat sampai baterai kempis kembali. Setelah kempis, ambil baterai dalam freezer lalu keringkan ditempat yang teduh jangan dibawah sinar matahari langsung karena akan memperparah kondisi baterai.

Advertisement

3. Cara Mengatasi Baterai Kembung dengan Dikipasi

Setelah baterai diangkat dari freezer kemungkinan baterai akan sedikit basah, jadi selain dikeringkan dengan cara disimpan ditempat yang teduh, kamu juga bisa mengeringkannya dengan mengipasi. Cara mengipasinya juga bisa dengan menggunakan mesin kipas atau bisa juga dikipasi manual dengan tangan.

Secara umum jika dikeringkan dengan sinar matahari pasti akan cepat kering, tapi untuk baterai malah tidak bagus karena menyebabkan baterai menjadi overheat yang akan mempengaruhi kondisi baterai.

4. Cara Mengatasi Baterai Kembung dengan Ditusuk Jarum

Cara ini sangat cocok untuk HP yang menggunakan baterai jenis Li-Ion karena baterai jenis ini sangat mudah dan sederhana untuk mengatasinya jika baterai ini menggembung. Langkah yang pertama, keluarkan dahulu baterai dari HP kemudian buka sticker yang terdapat pada baterai secara perlahan.

Setelah stickernya terbuka, tusuk baterai tersebut pada bagian yang menggembung dengan jarum lalu pijat secara perlahan untuk mengeluarkan gas yang terdapat pada baterai tersebut. Setelah kempis dan sesuai dengan ukuran baterai normal, tutup kembali baterai tersebut dengan sticker dan lem sampai merata agar baterai tertutup kembali dengan rapat.

5. Masukkan Baterai Ke HP dengan Benar

Setelah baterai normal kembali dengan cara-cara diatas, kamu bisa memasukkannya kembali kedalam HP dengan cara yang benar. Caranya ambil baterai yang sudah kempis lalu masukkan kedalam HP dan tutup dengan tutup baterai HP tersebut, jika belum pas jangan dipaksa karena bisa ada kunci tutup baterai yang patah.

Setelah tutup baterai dan body HP sudah pas, tekan secara perlahan dan berurutan agar tutup baterai rapat dengan merata. Ketika sudah tertutup, baterai sudah bisa dicharge namun dalam kondisi HP off agar pengisian bisa lebih maksimal.

6. Mencegah Baterai Kembung Kembali

Merawat baterai juga sangat perlu dilakukan karena dengan merawatnya, kamu bisa mencegah baterai dari kembung kembali. Cara mencegahnya adalah jangan gunakan HP ketika sedang dicharge karena jika kamu menggunakan dalam kondisi baterai dicharge maka baterai tidak akan tersisi secara maksimal dan malah partikel-partikel yang ada pada baterai menjadi gas dan baterai pun akan kembung kembali.

Kamu juga bisa mencegah baterai kembung kembali dengan cara memperhatikan kapan baterai akan terisi penuh sehingga tidak terjadi overcharge yang menyebabkan baterai menggembung.

7. Jangan Biarkan Baterai Sampai Kosong

Selain baterai jangan sampai overcharge, baterai juga jangan sampai kosong karena akan mempengaruhi daya tahan baterai. Mungkin untuk satu atau dua kali baterai bisa bertahan, namun jika terlalu sering kosong daya pada baterai akan semakin lemah dan baterai tidak bisa digunakan untuk waktu yang lama.

Jika kamu melakukan perjalanan jauh, kamu bisa menggunakan alat bantu lain seperti powerbank sehingga kamu tidak akan kehabisan baterai dan baterai kamu pun akan lebih awet untuk digunakan.

Baca Juga Informasi Samsung Lainnya
HP Samsung RAM 6GBHp Samsung RAM 3GB
Cara Membuat Email Baru Di HP SamsungAndroid Samsung RAM 2GB

Silahkan praktekan semua hal diatas jika memang kamu sedang mengalami smartphone kamu mengalami baterai kembung. Namun solusi baterai kembung yang terbaik adalah dengan menggantinya ke yang baru.

Advertisement