Cara Cek Garansi Samsung Indonesia Dengan IMEI

Cara Cek Garansi Samsung – Salah satu alasan membeli hp Samsung adalah karena memiliki layanan purna jual yang sangat baik. Layanan tersebut berupa garansi selama 1 tahun penuh dan didukung service center yang merata di seluruh Indonesia. Namun sayangnya tak semua hp Samsung yang beredar di Indonesia mendapatkan garansi resmi Samsung Indonesia (SEIN).

Ada banyak sekali hp Samsung black market yang diimport ke Indonesia. Smartphone tersebut tidak akan mendapatkan garansi resmi dari Samsung Indonesia, jadi apabila ada kerusakan maka tidak bisa mengklaim garansi ke service center resmi Samsung. Tentu hal tersebut sangat merugikan, jadi lebih baik membeli yang resmi saja demi mencegah hal-hal yang tidak dinginkan.Cara Cek Garansi Samsung Lewati IMEI

Ketentuan Garansi Samsung

Kerusakan smartphone bisa terjadi karena beberapa faktor. Namun tak semua kerusakan bisa tercover garansi resmi. Pasalnya Samsung memberikan beberapa ketentuan garansi untuk menentukan apakah jaminan berlaku atau tidak. Nah bagi yang ingin mengetahui ketentuan garansinya, silahkan simak informasi berikut ini.

  1. Garansi Samsung Indonesia hanya berlaku untuk smartphone yang dijual oleh PT. Samsung Electronics Indonesia yang dipasarkan di wilayah Indonesia. Jadi bagi yang membeli hp Samsung luar negeri tidak akan mendapatkan garansi resmi dari PT. Samsung Electronics Indonesia.
  2. Jangka waktu garansi hp Samsung selama 12 bulan. Apabila jangka waktu sudah berakhir, maka garansi akan hangus dan konsumen harus mengeluarkan biaya perbaikan sesuai kerusakan.
  3. Jika selama masa garansi hp Samsung mengalami kerusakan, maka tidak akan dipungut biaya perbaikan dan penggantian spare-part
  4. Perbaikan hp Samsung yang rusak hanya bisa dilakukan di Service Center Resmi Samsung di seluruh Indonesia dengan membawa kartu garansi

Mungkin banyak vendor lain yang menawarkan masa garansi lebih lama, namun Samsung tetap yang terbaik dalam memberikan layanan purna jual terhadap semua konsumennya. Hal tersebut didukung oleh layanan service center yang merata dan para teknisi ahli yang siap memperbaiki hp Samsung yang mengalami kerusakan.

Penyebab Garansi Resmi Samsung Tidak Berlaku Jika

Ada beberapa hal yang wajib sobat ketahui untuk menentukan apakah handphone yang dimiliki bisa melakukan klaim garansi atau tidak. Pasalnya Samsung juga memberikan ketentuan hp tidak masuk garansi. Adapun ketentuannya silahkan simak berikut ini.

  1. Garansi tidak berlaku apabila kartu garansi tidak terisi secara lengkap, mulai dar nomor seri, model, dan IMEI
  2. Garansi hp Samsung tidak berlaku apabila kerusakan dikarenakan oleh human error, seperti terjatuh, terbentur, terkena cairan, tegangan arus listrik, tergores, berkarat, terkena noda, berjamur, dan kerusakan lainnya yang disebabkan oleh penggunaan sehari-hari
  3. Garansi akan hangus apabila hp Samsung sudah pernah dibuka atau diperbaiki bukan oleh teknisi Samsung
  4. Semua spare-part harus masih disegel dan belum pernah diganti menggunakan suku cadang tidak asli
  5. Selain itu, garansi Samsung tidak berlaku apabila software ataupun hardware telah dimodifikasi oleh pengguna

Nah yang menjadi pertanyaan sekarang, bagaimana cara cek garansi Samsung Indonesia? Kami yakin banyak orang yang masih bingung, terutama orang awam yang tidak bisa membedakan antara hp resmi dan hp black market. Sebenarnya cara cek garansi resmi Samsung sangatlah mudah, dan untuk mengetahuinya silahkan simak di bawah ini.

Cara Cek Garansi Samsung Indonesia

Cara Mengecek Garansi Samsung IndonesiaIMEI bisa diibaratkan sebuah KTP. Pasalnya IMEI merupakan sebuah kode yang berisi mengenai informasi handphone, seperti serial number, tanggla pembuatan, dan model, dll. Nah salah satu cara cek garansi Samsung resmi atau tidak adalah menggunakan nomor IMEI. Semua hp Samsung memiliki nomor IMEI berbeda-beda. Kita bisa mengeceknya melalui dushbook atau dengan kode cek IMEI. Nah bagi yang masih bingung caranya, silahkan simak cara cek garansi Samsung lewat IMEI berikut ini.

  1. Yang harus kita lakukan pertama kali adalah mengetahui nomor IMEI hp Samsung yang kita miliki. Nomor IMEI tersebut tertera pada dushbook dan menu pengaturan hp Samsung. Selain itu, kita bisa mengetikan kode *#06# pada menu panggilan.
  2. Setelah mengetahui nomor IMEI, maka langkah selanjutnya tinggal melihat informasi yang ada didalam IMEI tersebut. Caranya adalah dengan mengunjungi situs www.imei.info atau www.samsungwarrantycheck.com
  3. Silahkan sobat masukan IMEI hp Samsung kolom pencarian yang tersedia. Kemudian akan muncul informasi mengenai smartphone, mulai dari model, serial number, tanggal pembuatan, hingga masa garansi.
  4. Cara di atas bisa sobat gunakan apabila membeli hp Samsung bekas dan ingin mengetahui apakah masa garansi masih berlaku atau tidak. Namun masih ada cara lainnya, yakni dengan menghubungi support Samsung melalui alamat https://www.samsung.com/id/support/warranty. Pada website tersebut tersedia fitur Live Chat, sehingga kita bisa menanyakan secara langsung ke pihak Samsung dengan menyebutkan nomor IMEI.
  5. Cara cek garansi Samsung lainnya adalah datang secara langsung ke service center Samsung terdekat untuk bertanya apakah handphone yang kita miliki masih tercover garansi atau tidak
  6. Selain itu, kita bisa mengirim email ke Samsung melalui halaman berikut ini “KLIK DISINI“.
  7. Apabila ingin via telepon juga bisa menghubungi nomor resmi customer service Samsung pada nomor 0800-112-7777

Walaupun Samsung memberikan masa garansi selama 1 tahun, semoga handphone yang kita miliki tidak pernah mengalami kerusakan sehingga kita tidak perlu repot-repot mengurusi masalah garansi dengan datang langsung ke service center resmi terdekat.

Baca Juga Informasi Samsung Lainnya
Harga Samsung J SeriesHarga Hp Samsung A Series
Hp Samsung ram 2GBHarga Smartwatch Samsung

Nah sekian informasi samsungstarters.com kali ini. Semoga informasi cara mengecek garansi Samsung lewat IMEI di atas bermanfaat bagi semua pengguna Samsung Galaxy di seluruh Indonesia. Jangan lupa simak informasi kami lainnya seputar smartphone dan gadget Samsung terbaru.

5/5 (2 Reviews)