3 Cara Kembali ke Pengaturan Pabrik Samsung Yang Benar

Advertisement

Kembali ke Pengaturan Pabrik Samsung adalah upaya pengguna ponsel Samsung untuk membuat tampilan ponsel kembali lagi seperti saat mereka membeli ponsel tersebut. Semua ponsel Samsung dibekali dengan fitur untuk kembali ke pengaturan pabrik.

Ada beberapa mekanisme yang bisa di jalankan ponsel android samsung untuk bisa kembali ke pengaturan pabrik. Salah satu yang paling lazim adalah dengan menggunakan fitur Hard reset yang bisa di akses dengan Kode Rahasia Samsung atau juga ke menu Pengaturan.

Tujuan utama pengguna ponsel pintar mengembalikan ponselnya ke setelan pabrik adalah untuk berganti Device. Pada umumnya mereka yang mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik ingin mengjual ponsel merek dan menggantinya dengan Device baru.

Advertisement

Dengan mengembalikan ponsel ke setelan pabrik maka dengan otomatis semua data pada ponsel Samsung akan di hapus. Jadi semua file yang ada akan di hapus, oleh sebab itu pengguna yang ingin melakukan cara ini wajib terlebih dahulu melakukan backup data.

Pentingnya pengguna ponsel android melakukan backup memang menjadi hal yang wajib di lakukan terlebih dahulu sebelum melalakukan reset data. Demi menghindari semua file terhapus dalam proses mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik backup data merupakan hal wajib.

Cara Kembali ke Pengaturan Pabrik Samsung

Cara Kembali ke Pengaturan Pabrik SamsungUntuk bisa kembali ke pengaturan pabrik ponsel Samsung pengguna bisa menggunakan beberapa fitur yang ada di HP Samsung itu sendiri. Silahkan pilih beberapa cara dari Samsungstarter.com kali ini untuk bisa Kembali ke Pengaturan Pabrik Samsung sesuai keinginan.

Advertisement

1. Reset Menggunakan Tombol Fisik Samsung

Cara reset pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan tombol fisik yang ada di ponsel Samsung. Dengan kombinasi tombol fisik seperti tombol volume up dan volume down yang di pencet secara bersamaan akan membuat ponsel bisa melakukan reset data.

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mematikan smartphone
  2. Setelah Samsung A02s dalam keadaan mati, kemudian tekan Tombol Power dan Volume Up secara bersamaanCara Reset Samsung A12
  3. Silahkan tekan sampai muncul logo Samsung, kemudian akan masuk ke menu Android Recovery
  4. Selanjutnya akan muncul beragam pilihan menu mulai dari Reboot sampai Power Off. Nah agar bisa hard reset Samsung A02s, silahkan pilih Wipe Data/Factory Reset. Untuk memilih menu tersebut anda harus menggunakan tombol volume, lalu tekan tombol power untuk konfirmasiCara Hard Reset Hp Samsung A12
  5. Selanjutnya anda harus memilih menu Factory Data ResetCara Factory Data Reset Samsung
  6. Kemudian proses hard reset akan dimulai
  7. Silahkan tunggu sampai proses hard reset selesai. Jika sudah, maka tinggal pilih Reboot System NowReboot System Now
  8. Setelah itu smartphone akan restart
  9. Proses reboot biasanya memakan waktu beberapa menit. Silahkan kalian tunggu, dan jika sudah selesai maka akan muncul menu Pengaturan Awal Hp Samsung.
  10. Setelah Selesai ponsel akan kembali ke Setelan Pabrik.

Cara ini menjadi salah satu cara paling mudah untuk mengembalikan ponsel Samsung ke pengaturan pabrik. Proses booting yang lama pada saat melakukan reset di karenakan file yang besar pada ponsel tersebut sehingga HP Samsung mengalami proses loading yang lama.

2. Menggunakan Kode Rahasia

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan kode rahasia samsung, dimana Samsung sendiri memiliki beberapa kode rahasia yang memungkinkan ponselnya untuk bisa melakukan reset pengaturan pabrik. Cara ini cukup mudah, meskipun pada ahirnya prosesnya hampir sama dengan cara yang pertama.

Advertisement
  1. Buka HP Samsung.
  2. Masuk ke Menu Dial.
  3. Ketikan *2767*3855#
  4. Maka otomatis pengguna akan di bawa ke menu factory reset.

Semua ponsel samsung baik lama maupun bekas memiliki kode yang sama untuk melakukan reset data yakni dengan huruf *2767*3855# pada dial number. Selanjutnya kamu bisa ikuti langkah pada proses hard reset nantinya jika sudah selesai ponsel akan kembali ke pengaturan pabrik sama seperti saat kamu beli dari awal.

3. Menggunakan Menu Pengaturan

Cara Kembali ke Pengaturan Pabrik SamsungLangkah selanjutnya yang cukup bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan fitur pengaturan. Kamu bisa masuk ke pengaturan hp samsung kemudian mengakses menu reboot untuk bisa kembali ke pengaturan pabrik ponsel Samsung.

  1. Masuk ke menu Pengaturan / Setting Hp Samsung.
  2. Pilih menu Backup And Reset.
  3. Lanjutkan pada Menu Factory Reset.
  4. Setelah itu lanjutkan denegan menu Reset Device
  5. Maka dengan otomatis HP akan melakukan booting.

Sama halnya dengan proses sebelumnya kamu juga harus menunggu sampai dengan ponsel melakukan booting atau reset sebelum kembali ke pengaturan awal. Proses ini memang cukup mudah namun semakin besar file atau data pada ponsel maka proses booting pada hp tersebut juga akan semakin lama juga.

Kesimpulan

Itu dia tiga cara yang mungkin perlu kamu coba untuk Cara Kembali ke Pengaturan Pabrik Samsung semua tipe. Jadi cara diatas bisa di aplikasikan pada semua ponsel Samsung baik keluaran baru maupun keluaran lama.

Dari 3 cara diatas silahkan pilih mana yang kiranya paling mudah untuk bisa di praktekan di ponsel Samsung kamu, Jangan lupa lakukan backup terlebih dahulu. Kamu pengguna ponsel Samsung ketahui juga “Cara Mempercepat Pengisian Baterai HP Samsung” yang sudah dibahas secara detail pada ulasan sebelumnya.

Advertisement