4 Cara Masuk Recovery Mode Samsung Semua Tipe

Advertisement

Mereset ulang atau melakukan Factory Reset pada HP Android bertujuan untuk mengembalikan sistem dan software pada HP agar kembali kepada kondisi awal seperti ketika baru keluar dari pabrik. Factory Reset biasanya dilakukan jika HP mengalami Hang, Sering mengalami force closed, Lupa PIN/ POLA/ Lockscreen atau mengalami masalah kerusakan software lainnya pada HP Android tersebut.

Sebelum melakukan Factory Reset pada HP Samsung, ada baiknya ketahui dahulu apa yang akan terjadi setelah melakukan Factory Reset pada HP Samsug. Hal yang sering terjadi setelah melakukan Factory Reset yaitu, aplikasi yang sudah terpasang akan terhapus secara otomatis, Data-data penting yang tersimpan di internal storage akan hilang, Semua kontak yang belum disinkronisasi ke akun Google akan hilang dan lain sebagainya.

Untuk itu, sebelum melakukan Factory Reset pada HP Samsung, lebih baik di backup terlebih dahulu agar data-data yang penting tidak ikut terhapus saat melakukan Factory Reset. Selain itu, kontak nomor juga harus di sinkronkan terlebih dahulu ke akun Google agar kontak nomor yang peting tidak ikut hilang.

Advertisement

Jika data-data sudah di backup dan kontak nomor sudah disinkronkan ke akun Google, maka sudah bisa melakukan Factory Reset pada HP Samsung karena data-data tersebut sudah aman. Berikut adalah cara-cara bagaimana mereset HP Samsung hingga melakukan Factory Reset pada tipe-tipe HP Samsung lainnya.

Cara Masuk Recovery Mode Samsung

Cara Masuk Recovery Mode Samsung

1. Mengetik Kode Rahasia

Cara Masuk Recovery Mode Samsung yang pertama untuk melakukan reset pada HP Samsung adaah dengan mengetik kode rahasia pada HP Samsung. Cara ini bisa dilakukan jika HP Samsung masih bisa mengakses papan keyboard.

Advertisement

Kode rahasia tersebut yaitu, *2767*3855# yang bisa ditulis pada ikon bergambar telepon. Setelah itu tinggal ikuti langkah selanjutnya.

2. Melalui Pengaturan

Cara selanjutnya untuk mereset HP Samsung adalah melalui pengaturan. Cara yang satu ini dilakukan jika kondisi HP masih bisa menyala sehingga bisa lebih mudah saat melakukan reset pada HP Samsung.

Caranya yaitu dengan pilih menu Pengaturan> Managemen Umum> Reset> Reset data pabrik. Namun, sebelum melakukan cara ini lebih baik backup terlebih dahulu data-datanya agar tidak hilang saat melakukan reset karena sistem reset ini akan menghapus semua data-data yang ada didalam memori perangkat.

Advertisement

3. Recovery Mode

Cara terakhir adalah masuk ke Mode Recovery pada HP Samsung. Cara ini dilakukan jika kondisi HP Samsung dalam keadaan bootloop (Stuck di logo) dan jika dihidupkan hanya getar saja atau bisa juga karena lupa pola kunci layar serta PIN pada HP Samsung.

Recovery Mode merupakan sebuah software / tools yang disediakan oleh setiap pabrikan Smartphone untuk mengupdate Firmware, Wipe Data / factory reset dan ganti ROM. Dibawah ini adalah cara-cara untuk masuk ke Recovery Mode Samsung dan cara untuk melakukan hard reset di semua tipe HP Samsung.

Cara Masuk Recovery Mode HP Samsung

  1. Pertama, matikan HP Samsung dan pastikan daya baterai diatas 50%.
  2. Jika HP sudah dalam kondisi off, maka bisa langsung tekan tombol “Home + power + Volume atas” secara bersamaan dalam beberapa detik.
  3. Setelah muncul logo Samsung, maka lepaskan ke tiga tombol tersebut.
  4. Kemudian tunggu beberapa saat sampai muncul menu Recovery Mode.
  5. Jika sudah muncul, tinggal gunakan tombol volume atas / bawah untuk navigasi dan tombol Home atau tombol Power untuk memilih.

Cara yang paling umum untuk melakukan Hard Reset pada setiap Smartphone adalah dengan menggunakan kombinasi tombol. Namun setiap Smartphone memiliki tombol yang berbeda, bahkan walaupun masih satu merek contohnya adalah pada HP Samsung.

4. Contoh Recovery Samsung

Oleh sebab itu, cara untuk masuk ke Recovery Mode di setiap tipe HP Samsung pun berbeda juga. Berikut adalah cara-cara untuk masuk ke Recovery Mode Samsung untuk beberapa tipe, namun untuk masuk ke mode ini pastikan HP dalam kondisi mati.

  • Samsung tipe Galaxy Flame GT-S680

Cara untuk masuk ke Recovery Mode pada tipe HP Samsung ini yaitu dengan menekan tombol Home + Power + Volume atas. Apabila logo Samsung sudah uncul, maka yang dilepas hanya tombol powernya saja.

Sementara itu, tombol Home dan Volume atas masih tetap ditekan hingga muncul logo Android. Setelah mucul, maka lepas kedua tombol tersebut dan tunggu hingga masuk ke Recovery Mode.

  • Samsung Galaxy Mini II S6500

Tekan tombol Home + Power + Volume Atas + Volume Bawah secara bersamaan sampai beberapa detik. Jika logo Samsung sudah muncul, maka lepas tombol Powernya saja sedangkan tombol yang lain tetap ditekan.

Apabila sudah masuk ke Recovery Mode, maka bisa lepas saja tombol tersebut dan ikuti langkah selanjutnya.

  • Samsung Galaxy Ace Plus

Tekan tombol Home + Volume Atas + Volume Bawah sampai beberapa detik secara bersamaan hingga masuk ke Recovery Mode. Jika sudah berhasil masuk, maka bisa gunakan tombol Volume Atas dan Volume Bawah untuk navigasi.
Sedangkan tombol Home untuk memilih opsi dalam menu Recovery Mode tersebut.

Itulah cara-cara untuk masuk ke Recovery Mode pada HP Samsung yang bisa dicoba. Apabila tipe HP Samsung yang digunakan tidak ada dalam daftar diatas, maka bisa gunakan tombol kombinasi yang biasa digunakan secara umum.

Baca Juga Informasi Lainnya
Harga Samsung Galaxy A02Spesifikasi Samsung Galaxy M02s
Harga Samsung M62Harga Samsung Galaxy A52 5G

Jika sudah berhasil masuk ke Recovery Mode pada HP Samsung tersebut, maka tinggal melakukan hard reset untuk mengatasi masalah seperti, Lupa PIN, Lupa Pola kunci layar, Bootloop dan masalah lainnya pada HP Android. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Advertisement