7 Cara Memperbaiki Headset Samsung Yang Rusak

Advertisement

Cara Memperbaiki Headset Samsung – Banyak dari kita yang masih suka menggunakan hedset untuk mendengarkan musik atau hal lainnya seperti menonton Video. Menggunakan Headset selain untuk menjaga Privasi juga lebih nyaman terlebih jika headset yang digunakan merupakan headset kualitas terbaik.

Bagi yang terbiasa menggunakan headset pastinya akan lebih seru menggunakan headset untuk menikmati berbagai konten di smartphone seperti Bermain Game. Semakin bagus headset yang digunakan maka akan semakin tinggi pula kenikmatan menikmati konten multimedia tersebut.

Namun yang namanya barang elektronik jika digunakan terus menerus pastinya akan rawan rusak. Beberagai kerusakan pada headset memang sering sekali kita jumpai mulai dari Mati sebelah, Putus, Bunyi Bass rendah, Patah Di Dalam, Mati Total Dan lainnya.

Advertisement

Buat kamu yang sedang berhemat mungkin Cara Memperbaiki Headset Samsung yang rusak akan sangat berguna untuk semakin menghemat pengeluaran kamu. Samsungstarter sudah merangkum beberapa solusi menggenai cara memperbaiki headset yang rusak simak informasi berikut ini.

Cara Memperbaiki Headset Samsung

Cara Memperbaiki Headset Samsung

1. Mati Sebelah

Headset yang normal pasti keduanya akan berbunyi baik yang kanan maupun yang kiri. Namun jika kamu menggunakannya dengan cara yang tidak benar seperti dipakai saat tidur atau sering terbentur, maka biasanya Headset tersebut akan mati sebelah atau bahkan bisa mati keduanya.

Advertisement

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan berbagai cara diantaranya yaitu coba dengarkan musik sambil ditekuk-tekuk kabel Headsetnya, jika sudah ketemu bagian kabel yang semula mati lalu kemudian berbunyi berarti tempat kerusakannya ada disitu. Setelah itu, kamu bisa memotongnya kemudian sambung kembali sesuai dengan warna kabel yang dipotong.

2. Putus

Kabel Headset yang sering putus biasanya terjadi karena saat menggunakan Headset kurang hati-hati seperti saat kamu berlari dan kabel Headset akan ketarik hingga menyebabkan kabelnya putus. Atau bisa juga karena kabel sering ditekuk sehingga menyebabkan kabel bagian dalam akan putus sehingga suara pada Headset akan berkurang bahkan bisa mati.

Jika kamu tidak ingin kabel Headset putus, kamu bisa menggunakan Headset dengan lebih hati-hati agar jangan sampai ketarik dan hindari pemakaian Headset saat tidur karena pada saat tidur posisi kamu akan berubah-ubah yang menyebabkan Headset cepat rusak.

Advertisement

3. Bunyi Suara pada Headset rendah

Kerusakan seperti ini biasanya terjadi karena sistem dari Hp ada yang bermasalah atau bisa juga Headsetnya yang bermasalah. Untuk mengetahuinya, kamu bisa mengecek terlebih dahulu dengan menggunakan Headset lain pada Hp kamu, jika terjadi hal yang sama berarti memang sistem Hp-nya yang rusak dan jika bunyinya normal berarti memang Headsetnya yang bermasalah.

Jika sistem Hp-nya yang rusak, kamu bisa memperbaiki Hp kamu kepada yang ahli dalam bidang tersebut dan jika Headsetnya yang bermasalah maka kamu bisa mengecek apakah ada kabel yang tertekuk atau memang spikernya yang sudah tidak bagus yang mengharuskan kamu untuk mengganti dengan yang baru.

4. Patah di Dalam Jack Port Hp

Bagi kamu yang pernah mengalamai hal seperti ini pasti akan sangat melelahkan karena disamping Headset yang sudah tidak bisa digunakan lagi, kamu juga akan kesulitan untuk mencabut jack yang patah di dalam Hp. Mungkin untuk jack Headset yang patah bisa diperbaiki dengan disambung kembali dengan solder, namun pastinya tidak akan sebagus seperti semula sehingga akan lebih baik jika kamu membeli Headset yang baru.

Hal yang rumit adalah mengeluarkan sisa jack yang patah di dalam jack port, kamu bisa menggunakan cotton bud yang diberi sedikit lem pada ujungnya lalu masukkan cotton bud tersebut ke jack port sampai menyentuh jack yang patah dan biarkan sampai lem menempel ke jack tersebut agar lem merekat dengan kuat. Setelah itu baru dikeluarkan secara perlahan sampai sisa jack yang patah ikut keluar.

5. Bass Mati

Jika Bass pada Headset mati pastinya mendengarkan musik akan terasa kurang mantap karena yang menyebabkan suara mantap adalah Bass. Hal seperti ini biasanya spiker pada Headset kemasukkan air yang menjadikan suara Bass pada spiker berkurang bahkan bisa menyebabkan Bass pada spiker mati.

Untuk menghindari hal tersebut, jangan simpan Headset pada saku baju atau celana karena kemungkinan akan lupa tidak diambil terlebih dahulu sebelum mencucinya. Jika baju atau celana dicuci, maka otomatis Headset akan ikut tercuci dan akan kemasukkan air yang menyebabkan Bass pada Headset mati.

6. Mati Total

Headset yag mati biasanya terjadi karena ada kabel yang putus atau rusak karena terinjak sampai hancur. Headset yang hancur biasanya sudah tidak bisa diperbaiki kembali sehingga mengharuskan kamu untuk menggantinya dengan yang baru.

Jika tidak ingin Headset kamu mati total, maka sebaiknya kamu harus lebih hati-hati saat menaruh Headset jangan sampai sembarangan menaruh Headset karena bisa terinjak atau terkena air yang menyebabkan Headset mati total.

7. Korsleting Pada Headset

Banyak kejadian orang meninggal karena kelalaiannya saat menggunakan Headset pada saat Hp sedang di charge. Hal ini terjadi karena Headset mengalami korslet pada saat Hp sedang di Charge sehingga Headset akan terkena aliran listrik yang menyebabkan orang yang memakainya tersengat listrik bahkan bisa sampai meninggal dunia.

Agar terhindar dari kejadian mengerikan tersebut, maka jangan gunakan Headset ketika Hp sedang di Charge dan jika baterai habis lebih baik Charge dahulu sampai penuh baru kamu bisa menggunakan Headset sesuka hati kamu. Jika benar konslet maka resiko untuk bisa di perbaiki cukup sedikit karena konsleting pada headset memang sulit di perbaiki.

AHIR KATA

Jika headset kabel kamu rusak mungkin sudah saatnya kamu mencoba menggunakan HEADSET Bluetooth atau istilah kerennya TWS (True Wireless Stereo). Nikmati keseruan yang lebih baik dengan menggunakan TWS saat menikmati konten audio di smartphone Samsung kamu.

Buat kamu pengguna ponsel samsung terkini seperti Samsung Galaxy Note 10 rasanya menggunakan TWS juga sudah pas di bandingkan menggunakan Headset kabel. Meskipun demikian kamu yang suka gaming mungkin akan sedikit tidak suka TWS karena akan menjumpai lag saat digunakan.

Advertisement