5 Cara Memperbaiki Kepala Charger HP Yang Rusak

Advertisement

Cara Memperbaiki Kepala Charger HP Yang Rusak – Para pengguna Smartphone pastinya sudah pernah mengalami charger yang tiba-tiba rusak saat dipakai untuk mengisi daya dan tidak tahu cara mengatasinya. Hal yang sering terjadi jika Charger rusak adalah lamanya pengisian, presentase baterai tidak stabil dan bahkan bisa menyebabkan gagal charging total.

Kebanyakan orang akan berpikiran akan langsung mengganti Charger tersebut dengan yang baru. Namun, sebaiknya jangan buru-buru langsung mengganti Charger tersebut karena bisa jadi Charger masih bisa diperbaiki sehingga menjadi hemat pengeluaran.

Charger yang rusak belum tentu sudah tidak bisa dipakai lagi karena kemungkinan ada hal lain yang menyebabkan Charger tidak berfungsi seperti biasanya, hal ini dikarenakan port USB kotor sehingga Charger tidak bisa mengisi dengan sempurna. Selain itu, bisa juga disebabkan karena port USB pada HP sudah longgar sehingga kabel Charge akan mudah terlepas dari port USB tersebut.

Advertisement

Cara-Cara Memperbaiki Kepala Charger HP Yang Rusak

Cara Memperbaiki Kepala Charger HP Yang RusakHal ini tentunya tidak terjadi pada Smartphone saja, namun terjadi juga pada perangkat elektronik lain seperti, Notebook, Tablet, Laptop dan perangkat elektronik lainnya yang berhubungan dengan Charger. Dengan demikian, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk memperbaiki Charger sebelum menggantinya dengan yang baru.

Sebelum lanjut ke cara-cara untuk memperbaiki Charger HP yang rusak, sebaiknya ketahui dahulu hal apa saja yang menjadi penyebab Charger HP mengalami kerusakan. Kerusakan yang sering terjadi pada Charger biasanya terjadi pada bagian kabel, kepala Charger atau port yang dimasukkan ke dalam lubang pengisi daya pada HP.

Hal-hal yang menyebabkan Charger rusak yaitu, Sering dipakai untuk mencharge HP lain, Meletakkan Charger disembarang tempat, Kabel Charge sering tertekuk dan lainnya. Berikut ini ada informasi dari SAMSUGSTARTER.COM cara-cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki Charger HP yang rusak, simak penjelasannya dibawah ini.

1. Mengganti Kabel Chager

Charger yang rusak biasanya tidak selalu terjadi pada bagian kepala Charger, namun juga terjadi pada bagian Charger HP. Kabel Charge merupakan bagian yang paling mudah rusak, apalagi jika kabel tersebut sering ditarik, ditekuk atau digulung sehingga menyebabkan kabel yang terdapat didalamnya akan mudah putus dan tidak bisa mengalirkan arus listrik.

Untuk itu, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan mencari kabel yang putus tersebut, jika sudah ketemu kemudian potong kabelnya lalu sambung kembali. Apabila belum berhasil, maka ganti saja kabel tersebut dengan kabel yang baru dan memiliki kualitas yang bagus tanpa harus mengganti kepala Charger.

2. Bersihkan Debu

Penggunaan HP yang lama akan menyebabkan port USB akan kotor karena adanya debu yang menempel pada port USB tersebut. Dengan adanya kotoran tersebut, maka akan menyebabkan aliran listrik dari Charger akan terhambat dan manjadikan pengisian daya pada baterai akan lambat dan bahkan tidak bisa mengisi Baterai Samsung pada HP tersebut.

Advertisement

Untuk mengatasi hal ini, coba tiup port USB yang kotor tersebut secara manual menggunakan sedotan dengan tiupan yang kencang. Apabila belum berhasil, bisa gunakan bantuan kompresor udara kalengan karena kompresor tersebut menghasilkan tiupan udara yang lebih kencang sehingga lebih efektif untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menmpel pada port USB.

3. Betulkan Posisi Stirp pada USB

Cara Memperbaiki Charger HP Yang RusakPada bagian tengah USB terdapat strip kecil yang berfungsi sebagai penghubung arus listrik dari Charger ke HP. Jika pada saat memasukkan Charger ke port USB tidak benar, maka kemungkinan yang terjadi adalah strip tersebut bisa bengkok kebawah yang membuat proses Charging tidak bisa maksimal dan bahkan arus listrik tidak bisa masuk.

Agar saat mengisi daya bisa normal kembali, hal yang perlu dilakukan adalah memperbaikinya dengan cara mengembalikan strip ke posisi semula. Caranya pun mudah, hanya perlu menggunakan tusuk gigi atau benda kecil lainnya asalkan jangan yang berbahan logam dengan mengungkitnya sedikit ke atas jika strip bengok kebawah dan jika strip bengkok ke atas maka diungkit ke bawah.

4. Ganti Komponen Pada Kepala Charger

Jika yang bermasalah adalah pada bagian kepala Charger, maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan membongkar Charger tersebut dan cek apakah ada komponen yang rusak. Biasanya Charger yang mati total terdapat kerusakan komponen dalam Charger karena mungkin Charger tersebut sudah dipakai terlalu lama yang menyebabkan komponen didalamnya mengalami kerusakan.

Apabila mendapati komponen yang rusak, maka ganti komponen tersebut dengan yang baru agar Charge normal kembali. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan untuk orang yang memiliki keahlian dalam bidang elektronik, bagi orang awam mungkin akan bingung saat melakukannya.

5. Ganti Baterai

Cara ini dilakukan jika sudah mencoba cara diatas namun belum membuahkan hasil. Baterai yang tidak bisa terisi daya, biasanya karena baterai tersebut sudah usang dan untuk mengetahui hal ini, bisa coba lepas baterai tersebut dari HP dan cek apakah baterai tersebut sudah menggembung atau sudah mengeluarkan cairan.

Apabila baterai sudah usang, maka walaupun di Charge dengan Charge yang mahal sekalipun, pengisian tidak bisa optimal. Dengan demikian, cara untuk mengatasinya adalah mengganti baterai tersebut dengan baterai yang baru dan pastikan baterai yang digunakan adalah baterai yang memiliki kualitas bagus atau yang original.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Reset Samsung A02sCara Hard Reset Samsung A12
Tutorial Transfer Chat WhatsappCara Screenshot Samsung A01 Core

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki Charger HP yang rusak. Dari ke-5 cara diatas, bisa dipilih mana yang sesuai dengan masalah yang terjadi pada Charger HP. Simak juga informasi menarik dar

Apabila cara-cara diatas belum bisa mengatasi Charger yang rusak tersebut, maka langkah yang terakhir adalah dengan membeli Charger baru dan pastinya memiliki kualitas yang bagus agar pengisian daya lebih optimal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Advertisement