Cara Mengatasi Hp Samsung Lemot dan Ngelag

Advertisement

Bagaimana cara mengatasi hp Samsung lemot? Bagi kalian yang mengalami masalah tersebut tidak perlu khawatir, karena cara mengatasi hp Samsung lemot sebenarnya cukup mudah. Namun jangan harap mendapatkan performa melebihi ekspetasi. Sebab performa smartphone tergantung dengan spesifikasinya.

Bagi pemilik smartphone flagship, tentu akan mendapatkan smartphone dengan performa maksimal sehingga terhindar dari lemot saat bermain game ataupun menjalankan banyak aplikasi. Namun bagi pemilik hp Samsung dengan spesifikasi ala kadaranya, maka harus terima apabila performa ponselnya kurang maksimal.

Ada beberapa faktor yang menjadikan hp Samsung lemot. Faktor yang paling utama adalah kapasitas RAM, jenis processor, dan kapasitas memori internal. Apabila spesifikasi tersebut pas-pasan, maka performa yang dihasilkan juga pas-pasan. Meskipun begitu kita tetap bisa mencoba cara mengatasi hp Samsung lemot dengan cara sebagai berikut.

Advertisement

Tutorial Cara Mengatasi Hp Samsung Lemot

1. Mematikan Animasi

Mematikan Animasi SamsungSalah satu kelebihan hp Samsung adalah menggunakan sistem operasi OneUI berbasis Android. Samsung mengoptimalkan OneUI dengan banyak animasi yang menjadikannya terasa lebih smooth. Namun sayangnya animasi tersebut bisa membuat hp terasa lemot, terutama untuk hp Samsung dengan spesifikasi RAM kecil.

Nah agar hp Samsung dengan Ram kecil terhindar dari lemot, kami sarankan untuk mematikan animasi. Lalu bagaimana caranya? Cara mematikan animasi pada hp Samsung cukup mudah. Caranya adalah dengan masuk ke menu Developer Options atau Opsi Pengembang, lalu matikan skala animasi jendela, skala animasi transisi, dan skala durasi animator.

Setelah animasi dimatikan, maka smartphone akan terasa lebih cepat. Namun sayangnya fitur Developer Option (Pilihan Pengembang) harus diaktifkan terlebih dahulu. Adapun caranya silahkan simak dibawah ini.

Advertisement
  1. Masuk ke menu Pengaturan
  2. Pilih Tentang Ponsel
  3. Pilh Informasi Perangkat
  4. Lalu klik Nomor Versi sebanyak 7 kali
  5. Setelah itu kembali ke menu Pengaturan, lalu buka menu Pilihan Pengembang
  6. Kemudian cari menu Skala Animasi Jendal, Transisi, dan Animator. Kemudian pilih Animasi mati.

2. Menghapus File Berukuran Besar

Cara Mengatasi Hp Samsung LemotSetiap tipe hp Samsung memiliki kapasitas memori internal berbeda-beda, mulai dari 8GB sampai 512GB. Bagi yang memiliki hp Samsung dengan kapasitas memori internal besar, tentu tidak perlu khawatir karena bisa menyimpan beragam file berukuran besar, tanpa perlu takut hp menjadi lemot.

Namun bagi yang kapasitas memorinya terbatas, maka harus memperhatikan manajemen memori agar tidak kehabisan memori internal. Sebab memori internal yang bisa akan membuat hp Samsung menjadi lemot. Untuk mengatasinya, kami sarankan untuk menghapus file berukuran besar, baik itu game, aplikasi, foto, ataupun video.

3. Menggunakan MicroSD Class10

MicroSD Samsung EvoUntuk mengatasi memori internal yang kecil bisa dengan menambahkan microSD ke dalam slot memori eksternal. Namun MicroSD yang digunakan harus Class10. Sebab untuk MicroSD abal-abal memiliki kecepatan membaca file yang buruk sehingga membuat hp Samsung lemot.

Advertisement

Asal kalian ketahui, MicroSD Class10 memiliki kecepatan baca rata-rata mencapai 80mbps. Bahkan ada beberapa merk MicroSD Class10 yang mencapai 100mbps. Kami sendiri menyarankan untuk membeli MicroSD Class10 buatan Samsung atau SanDisk yang dari segi kualitas sudah terbukti.

4. Disable Aplikasi Background

Cara Agar Hp Samsung Tidak LemotSemakin banyak aplikasi yang berjalan di background, maka semakin banyak RAM yang digunakan. Nah apabila RAM habis, maka hp Samsung akan menjadi lemot. Untuk mengatasinya, kalian bisa mencoba mematikan (disable) atau menghapus aplikasi yang dianggap tidak penting. Dengan cara tersebut, maka kapasitas RAM tidak akan terlalu berkurang sehingga kinerja hp Samsung tetap cepat.

5. Update Software

Cara Mengatasi Hp Samsung Lemot Dengan Update SoftwareUntuk menjaga performa hp Samsung tetap ngebut dan terhinda dari lemot, kami sarankan untuk selalu melakukan update software. Sebab update software akan menghilangkan bug ataupun masalah lainnya yang menjadikan hp Samsung lemot. Samsung sendiri rutih memberikan update software, jadi apabila ada notifikasi update terbaru, maka jangan ragu untuk mengupdatenya.

6. Menghapus Cache

Salah satu penyebab hp Samsung lemot adalah karena terlalu banyak cache aplikasi. Cache tersebut bisa dihapus menggunakan aplikasi pembersih cache seperti ccleaner ataupun aplikasi lainnya yang bisa diunduh secara gratis di Play Store. Kalin juga bisa menghapus cache setiap aplikasi secara manual dengan cara masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Aplikasi.

Setelah masuh ke menu Aplikasi, kemudian tinggal mencari aplikasi yang akan dihapus Cachenya. Selanjutnya pilih menu Penyimpan, lalu pilih Hapus Memori & Hapus Data. Cara mengatasi hp Samsung lemot ini cukup efektif, jadi kalian wajib mencobanya agar performa hp Samsung kembali ngebut.

7. Kurangi Widget

Cara Mengatasi Hp Samsung Lemot  Dengan Meghapus Widget Dengan mengaktifkan Widget, maka secara otomatis kita akan menjalankan aplikasi atau fitur yang berhubungan dengan Widget agar berjalan di background. Hal ini menjadikan kinerja Ram terlalu berat sehingga membuat hp Samsung lemot. Beda cerita jika kalian menggunakan hp Samsung Ram 8GB ke atas, tentu tak masalah apabila memakai banyak Widget.

8. Menggunakan RAM Booster (Memory Cleaner)

Ada satu aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi hp Samsung lemot, yakni aplikasi bernama RAM Booster. Aplikasi ini berguna untuk menutup aplikasi yang berjalan secara otomatis sehingga kinerja RAM lebih optimal. Selain RAM Booster masih banyak aplikasi sejenisnya. Namun kami lebih menyukai aplikasi ini, karena hanya perlu satu tap untuk membersihkan RAM.

9. Menggunakan Fitur Perawatan Perangkat

Perawatan Perangkat SamsungSebenarnya Samsung sudah menyediakan fitur untuk mengoptimalkan kinerja smartphone agar tidak lemot. Fitur tersebut bisa diakses melalui menu Pengaturan, lalu pilih “Perawatan Perangkat“. Kemudian klik “Optimalkan Sekarang” dan secara otomatis fitur ini akan menutup aplikasi yang berjalan di background.

Pada fitur Perawatan Perangkat juga disediakan menu Memori. Silahkan kalian klik menu tersebut, kemudian pilih “Hapus Sekarang“. Dengan fitur ini kita bisa mengoptimalkan pemakaian RAM agar hp Samsung tidak lemot.

10. Factory Reset

Factory Reset SamsungApabila semua cara mengatasi hp Samsung lemot di atas masih belum menjur, kalian bisa mencoba cara terakhir yang dijamin 100% manjur, yakni Factory Reset. Dengan cara ini kita bisa mengembalikan pengaturan smartphone ke pengaturan default pabrik sehingga kinerja smartphone kembali seperti baru lagi.

Perlu kalian ingat, bahwa cara mengatasi hp Samsung lemot ini akan menghapus semua data yang tersimpan di dalam memori internal, jadi kami sarankan untuk terlebih dahulu membackupnya. Nah untuk mengetahui bagaimana cara meresetnya silahkan simak informasi sebelumnya mengenai “Cara Reset Hp Samsung

Baca Juga Informasi Samsung Lainnya
Cara Mengembalikan Kontak Yang TerhapusCara Mengatasi Fingerprint Error
Cara Mengatasi Google Play TerhentiHarga Smartwatch Samsung

Nah demikianlah beberapa cara mengatasi hp Samsung lemot. Sebenarnya masih ada beberapa cara lainnya, namun menurut kami cara di atas merupakan cara yang paling manjur untuk mengatasi hp Samsung lemot. Sekian informasi samsungstarters.com, semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Advertisement