3 Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Samsung

Advertisement

Aplikasi merupakan salah satu hal yang sangat penting pada Smartphone. Dengan adanya aplikasi maka akan memudahkan para penggunanya dalam mengakses ataupun mencari berbagai kepentingan, seperti Game, Whatsapp, Google ataupun lainnya sesuai dengan keinginan pengguna.

Maka dari itu, aplikasi sangat berperan penting pada Smartphone karena tanpa adanya aplikasi, Smartphone tidak bisa bekerja dengan baik. Aplikasi yang ada di Smartphone juga memiliki dua kategori, yaitu aplikasi bawaan dan aplikasi hasil download melalui Play Store.

Aplikasi hasil download akan muncul pada layar Smartphone dalam bentuk ikon sehingga pengguna bisa dengan mudah mencari dan menggunanakan aplikasi tersebut cukup dengan satu kali sentuh saja. Memiliki banyak aplikasi pada Smartphone memang sangat membantu bagi penggunanya untuk berbagai keperluan, namun terkadang terlalu banyak aplikasi juga akan menguras banyak kapasitas memori yang tersedia.

Advertisement

Jika memori yang tersedia sudah hampir habis maka akan menyebabkan kinerja Smartphone menjadi menurun dan bahkan bisa terjadi nge-Lag atau nge-Hang yang mengaharuskan menghapus beberapa aplikasi agar Smartphone bisa kembali normal. Tentunya berbeda dengan Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di hp Samsung untuk mengatasi hal seperti ini.

Ketika menghapus juga harus hati-hati jangan sampai menghapus aplikasi penting atau aplikasi wajib pada Smartphone, jika aplikasi wajib tersebut tidak sengaja terhapus maka jangan khawatir karena ada cara untuk mengembalikannya seperti yang akan dijelaskan pada ulasan berikut ini.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus

Cara Mengembalikan Aplikasi yang TerhapusAda beberapa yang bisa dicoba untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus pada Smarphone Android. Bagi yang mengalami masalah dengan aplikasi yang tidak sengaja terhapus pada Smartphone Android dan ingin mengembalikan aplikasi tersebut maka bisa simak cara-cara berikut.

Advertisement

1. Menggunakan Aplikasi Play Store

Cara yang pertama untuk mengembalikan aplikasi yang tidak sengaja terhapus pada Smartphone Android adalah dengan menggunakan aplikasi Play Store. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan yang biasanya sudah tersedia ketika baru membeli Smartphone Android.

Selain digunakan untuk mendownload berbagai macam aplikasi, Play Store juga bisa digunakan untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus karena Play Store memiliki sistem untuk menyimpan riwayat dari berbagai aplikasi yang sudah terinstal. Bagi yang ingin menggunakan cara ini, maka bisa simak langkah-langkah seperti berikut.

  1. Pertama, buka aplikasi Play Store pada Smartphone dan jangan lupa untuk mengaktifkan data seluler agar terhubung dengan jaringan internet.
  2. Setelah berhasil masuk pada halaman utama, maka tinggal pilih ikon 3 garis yang terletak pada pojok kiri sebelah atas.
  3. Jika ikon tersebut sudah dipilih selanjutnya tinggal pilih “My Apps & Games“.
  4. Setelah itu akan dibawa pada halaman baru kemudian pilih “Library“.
  5. Dalam menu inilah terdapat bayak riwayat aplikasi yang sudah terinstal.
  6. Cari aplikasi yang ingin dipulihkan kembali, jika sudah ketemu maka tinggal pilih “Instal“.
  7. Setelah proses instal selesai maka aplikasi tersebut akan muncul pada layar Smartphone dan siap untuk digunakan kembali.

2. Menggunakan Menu Setting atau Pengaturan pada Smartphone

Cara selanjutnya yaitu menggunakan menu Setting atau Pengaturan pada Smarphone untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus pada Adroid. Cara ini juga mudah untuk dilakukan karena cukup memanfaatkan menu yang sudah tersedia pada Smartphone.

Advertisement

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dicoba untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus melalui menu Setting atau Pengaturan pada Smartphone.

  1. Buka Smartphone kemudian pilih menu “Setting” atau “Pengaturan“.
  2. Selanjutnya cari menu “Cloud dan akun” dengan cara scroll kebawah. Setelah ketemu kemudian tinggal pilih menu tersebut.
  3. Jika sudah maka akan muncul pilihan untuk masuk ke pencadangan dan pemulihan.
  4. Setelah memilih kemudian akan masuk ke halaman baru lalu pilih “Pulihkan“.
  5. Selanjutnya tinggal cari aplikasi yang terhapus dengan memilih tanda panah ke arah kanan.
  6. Setelah menemukan aplikasi yang terhapus dan akan dipulihkan kembali maka bisa tandai dengan memberikan checklist pada aplikasi tersebut.
  7. Jika sudah maka akan diminta untuk memberikan persetujuan guna instal ulang aplikasi tersebut.
  8. Setelah menyetujuinya kemudian tinggal pilih “OK” dan selanjutnya akan muncul jumlah data yang diperlukan untuk proses instal lalu tunggu hingga proses instal aplikasi selesai.
  9. Setelah selasai kemudian aplikasi tersebut akan muncul kembali pada layar Smartphone dan bisa digunakan seperti sebelumnya.

3. Menggunakan Aplikasi App Backup & Restore

Untuk menggunakan cara ini syaratnya adalah megunduh terlebih dahulu aplikasi App Backup & Restore melalui Play Store. Cara kerja aplikasi ini adalah mengubah file aplikasi menjadi file backup kemudian aplikasi ini akan mem-backup langsung setiap ada aplikasi yang diunduh pada memori.

Jika suatu saat aplikasi terhapus maka aplikasi tersebut bisa dipulihkan kapan saja melalui App Backup & Restore dengan beberapa tahapan yang bisa dilakukan baik secara otomatis maupun manual. Nah, bagi yang ingin menggunakan cara manual maka bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama download terlebih dahulu App Backup & Restore lalu instal.
  2. Setelah berhasil terinstal kemudian buka aplikasi tersebut.
  3. Jika sudah kemudian lakukan pengaturan dengan memilih aplikasi apa saja yang akan masuk ke daftar backup.
  4. Setelah memilih beberapa aplikasi yang di backup kemudian pilih “Backup” untuk memulai prosesnya dan tunggu hingga proses backup selesai.
  5. Jika proses backup sudah selesai berarti aplikasi yang sudah masuk daftar backup tersebut akan aman. Apabila suatu saat aplikasi tersebut tidak sengaja terhapus maka bisa langsung buka aplikasi “App Backup & Restore” lalu pilih menu “Restore” dan aplikasi yang terhapus akan muncul kembali pada layar Smartphone.

Akhir Kata

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus pada Smartphone Android. Setelah mengatahui cara-cara yang sudah disebutkan pada ulasan diatas, maka bisa dipilih cara mana yang paling mudah untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus pada Smartphone Android.

Nah itu dia beberapa cara mudah dari SamsungStarter menggenai Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di HP Samsung. Semoga bisa di membantu, ketahui juga Harga Samsung Galaxy Z Flip3 5G pada info sebelumnya.

Advertisement