Cara Mengetahui WA Disadap Atau Tidak di Android

Advertisement

Samsungstarters.com – Banyak sekali pengguna WhatsApp yang bertanya, bagaimana cara mengetahui WA disadap atau tidak? Aplikasi pesan instan ini memang rawan disadap oleh orang lain sehingga membahayakan privacy dalam berkomunikasi.

Dalam berkomunikasi, privacy merupakan suatu kewajiban. Tentu kalian tidak ingin ada orang lain yang mengetahui isi percakapan WhatsApp. Terlebih jika isi percakapan mencankup hal-hal pribadi seperti foto atau video pribadi

WhatsApp memang memiliki fitur untuk mengirimkan pesan berupa foto atau video. Selain itu, tersedia pula fitur untuk telepon, video call mengirimkan lokasi dan mengirimkan data. Semua fitur yang tersedia akan memudahkan komunikasi para pengguna WhatsApp.

Advertisement

Dengan kemudahan berkomunikasi yang diberikan, maka tak hayal apabila pengguna WhatsApp terus bertambah. Namun seiring dengan populernya WhatsApp sebagai aplikasi pesan instan, maka semakin banyak orang yang berniat untuk melakukan penyadapan.

Cara Mengetahui WA Disadap

Cara Mengetahui WA Disadap Atau Tidak

Sebenarnya WhatsApp memiliki sistem keamanan yang cukup baik. Namun bukan berarti aplikasi pesan instan ini tidak bisa disadap. Ada banyak sekali cara untuk menyadap isi pesan WhatsApp agar bisa mendapatkan berbagai macam informasi pribadi.

Advertisement

Untuk mengantisipasi WhatsApp di sadap kita harus paham dengan betul ciri-ciri WhatsApp disadap. Cara mengetahui WA disadap atau tidak sebenarnya cukup mudah. Namun bagi yang belum mengetahui caranya, silahkan simak informasi berikut.

1. WhatsApp Web Aktif

Ciri Ciri WhatsApp Di Sadap

Pada aplikasi WhatsApp disediakan fitur bernama WhatsApp Web. Fitur ini berguna untuk mengakses WhatsApp dari perangkat lain. Nah apabila WhatsApp Web ternyata aktif, namun kalian merasa tidak pernah mengaktifkannya maka besar kemungkinan akun WhatsApp telah disadap oleh orang lain.

Advertisement

Yah, salah satu cara menyadap WhatsApp yang termudah adalah dengan memanfaatkan fitur WhatsApp Web. Bahkan banyak aplikasi penyadap WhatsApp yang memanfaatkan fitur tersebut agar bisa membuka WhatsApp orang lain dari jarak jauh. Nah untuk mengetahui apakah fitur WhatsApp Web aktif atau tidak silahkan simak di bawah ini.

  1. Pertama buka aplikasi WhatsApp
  2. Kemudian klik icon tiga titik dan pilih menu WhatsApp Web
  3. Apabila WhatsApp Web ternyata sedang aktif, maka akan keluar informasi mengenai perangkat yang sedang aktif. Selain itu, kalian juga bisa melihat WhatsApp Web aktif atau tidak melalui notification bar yang akan menyebutkan bahwa WhatsApp Web is Current Active.

2. Chat WhatsApp Terbaca Secara Otomatis

Cara Cek Apakah Akun WA Disadap Atau Tidak

Cara mengetahui WA disadap yang kedua adalah dengan melihat pesan WhatsApp. Apabila tiba-tiba pesan WA telah terbaca, namun kalian tidak merasa pernah membuka ataupun membaca pesan tersebut, maka bisa dikatakan orang lain telah membuka dan membaca chat yang masuk.

3. Akun WhatsApp Logout Sendiri

Cara Mengetahui WhatsaApp Dibajak Orang Lain

Satu akun WhatsApp hanya bisa terhubung dengan satu nomor telepon yang digunakan pada satu perangkat. Itu artinya akun WhatsApp hanya bisa digunakan pada satu perangkat saja. Jadi apabila akun WhatsApp tiba-tiba logout sendiri, maka kemungkinan dibajak dan disadap oleh orang lain.

Sebenarnya cukup sulit untuk membajak akun WhatsApp, karena saat login membutuhkan kode otp yang dikirim ke nomor handphone yang terhubung. Namun bisa saja nomor sudah diganti oleh orang lain, sehingga akun telah berpindah tangan.

4. Mengirim Pesan Ke Orang Lain Tanpa Sepengetahuan

Cara Cek Akun WA Disadap

Salah satu cara mengetahui WA disadap atau tidak adalah dengan melihat history chating. Apabila ternyata ada pesan yang dikirim orang lain tanpa sepengatahuan pengguna, maka bisa dipastikan akun telah disadap dan digunakan oleh orang lain.

Untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dikirim dan dibaca oleh penerima adalah dari warna icon. Apabila sudah dibaca oleh penerima, maka akan muncul icon centang biru. Namun apabila belum terbaca maka iconnya berwarna hitam.

Salah satu tujuan menyadap WA adalah untuk nyepam pesan ke orang lain tanpa kita sadari. Untuk menghindari hal tersebut, kami sarankan untuk mengecek pengaturan WhatsApp Web, apakah aktif atau tidak. Sebab satu-satunya cara termudah untuk menyadap WA adalah dengan menggunakan fitur WhatsApp Web.

5. Suhu Smartphone Meningkat

Smartphone PanasAda banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk menyadap WA. Kalian bisa menyimak beberapa aplikasinya pada artikel berikut “Aplikasi Penyadap WhatsApp Terbaik“. Asal kalian ketahui, beberapa aplikasi penyadap WA akan bekerja secara terus menerus tanpa kita sadari sehingga membuat suhu smartphone meningkat.

Untuk mengetahui apakah ada aplikasi penyadap WA yang terinstal di smartphone caranya cukup mudah. Kalian tinggal masuk ke menu Pengaturan, kemudian pilih menu Aplikasi (Apps). Pada menu tersebut akan terlihat beragam aplikasi yang terinstal di smartphone. Apabila ada aplikasi yang mencurigakan, maka kemungkinan merupakan aplikasi penyadap WA

6. Baterai Terasa Lebih Boros

Baterai Boros

Selain smartphone panas, salah satu ciri-ciri handphone disadap adalah baterai terasa boros. Sebab aplikasi penyadap akan terus aktif sehingga membutuhkan konsumsi daya cukup besar. Alhasil baterai akan menjadi lebih boros.

Cara kerja aplikasi penyadap adalah berjalan pada Background process. Kalian tidak akan menjumpai aplikasi tersebut pada app drawer, karena biasanya disembunyikan agar tidak ketahuan. Namun kita tetap bisa mencari aplikasinya dengan melihat aplikasi yang berjalan pada Background process

7. Pemakaian Data Internet Tidak Normal

Data Usage Samsung

Satu lagi cara mengetahui WA disadap atau tidak, yakni dengan mengecek penggunaan data internet. Sebab aplikasi penyadap membutuhkan koneksi internet agar bisa terhubung dengan penyadap. Alhasil akan ada penggunaan data internet yang tidak wajar sehingga kuota terasa cepat habis.

Bagi pengguna hp Samsung bisa mengecek pemakaian data internet pada menu Pengaturan => Koneksi => Penggunaan Data => Penggunaan Data Seluler. Setelah itu kalian bisa mengecek apa saja aplikasi yang memakan kuota data paling besar. Apabila ada aplikasi yang tidak dikenal, dan memakai data sangat besar, maka kemungkinan merupakan aplikasi penyadap.

8. Terdengar Suara Bising Saat Telepon

Ciri Ciri WhatsApp DibajakCara mengetahui WA disadap yang satu ini seperti di film-film. Dimana akan terdekat suara bising saat melakukan panggilan telepon atau video call melalui WhatsApp. Hal ini bisa terjadi, karena biasanya mata-mata menggunakan alat khusus untuk merekam percakapan, sehingga akan terdengar bunyi bising.

Apabila mengalami penyadapan seperti ini, kami yakin kalian menjadi target dari operasi hacker profesional atau bahkan dari pihak kepolisian. Sebab untuk menyadap panggilan telepon WhatsApp membutuhkan skill khusus yang hanya bisa dilakukan oleh orang profesional.

Cara Agar WhatsApp Tidak Disadap

Setelah mengetahui cara WA disadap atau tidak, sekarang giliran kita membahas mengenai cara agar WhatsApp tidak disadap. Tentu kalian tidak ingin pesan yang bersifat private dilihat oleh orang lain. Terlebih jika sering mengirim foto atau video pribadi menggunakan WhatsApp.

Ada beberapa cara agar WhatsApp tidak disadap. Kalian wajib mengikuti cara yang kami sampaikan kali ini demi menjaga akun WhatsApp dari penyadapan ataupun pembajakan. Nah untuk mengetahui seperti apa caranya, silahkan simak informasi berikut.

  1. Selalu gunakan aplikasi WhatsApp resmi yang bisa kalian download di Play Store . Sebab ada banyak sekali aplikasi WhatsApp palsu yang berisi malware atau spyware. Kami juga menyarankan untuk tidak menggunakan aplikasi WhatsApp Mod yang menawarkan fitur lebih lengkanp, namun sebenarnya sangat membahayakan keamanan akun WhatsApp.WhatsApp Call
  2. Selalu memeriksa fitur WhatsApp Web, apakah aktif atau tidak. Apabila tiba-tiba aktif, maka bisa dipastikan ada orang lain yang mencoba membuka WhatsApp dari jarak jauh.Ciri Ciri WhatsApp Di Sadap
  3. Untuk mengamankan akun WhatsApp, kami sarankan untuk mengaktifkan pengaturan verifikasi dua langkah (2-Step Verification) yang sudah disediakan WhatsApp. Untuk mengaktifkan fitur tersebut sangat mudah. Caranya adalah dengan klik icon tiga titik, lalu pilih Account. Kemudian pilih Two-Step VerificationCara Agar Akun WA Tidak Disadap
  4. Apabila sering menggunkan fitur WhatsApp Web pada perangkat lain, seperti laptop teman, komputer kantor, ataupun di warnet, kami sarankan untuk selalu logout setelah selesai menggunakannya. Kalian juga bisa logout langsung dari aplikasi WhatsApp yang terinstal di smartphone. Caranya adalah dengan masuk ke menu WhatsApp Web, lalu pilih Log out from all devices kemudian Log out. Setelah itu secara otomatis akun WhatsApp akan keluar dari semua perangkat yang pernah terhubung dengan WhatsApp Web.Cara Agar Akun WhatsApp Tidak Disadap
  5. Selalu mengaktifkan fitur keamanan smartphone, seperti Fingerprint, Face Unlock, atau kode password. Hal ini sangat penting agar orang lain tidak bisa mengakses smartphone yang kita miliki, sehingga mengurangi resiko terinstal aplikasi penyadap yang diinstal oleh orang lain tanpa sepengatahuan kita.

Bisa dikatakan cara melindungi akun WhatsApp dari penyadapan cukup mudah. Namun yang paling penting kalian sudah memahami dengan betul cara mengetahui WA disadap atau tidak, sehingga bisa melakukan pencegahan agar tidak mengalami hal tersebut.

Baca Juga Informasi Samsung Lainnya
Cara Menggunakan Netcut AndroidCara Klaim Garansi Samsun
Cara Dark Mode WhatsApp Cara Menyadap Hp Android

Cukup sekian informasi mengenai cara mengetahui WA disadap atau tidak. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi untuk melindungi akun WhatsApp dari penyadapan atau pembajakan. Jangan lupa simak pula beragam tips lainnya seputar smartphone Android hanay di samsungstarters.com

Advertisement