Cara Menghapus Akun Gmail Secara Permanen

Advertisement

Cara menghapus akun Gmail secara permanen bisa dilakukan melalui hp Samsung ataupun smartphone lainnya secara mudah. Kalian juga bisa melakukannya melalui browser yang ada di komputer ataupun laptop. Namun sebelum menghapusnya, kalian wajib mengetahui apa saja konsekuensi menghapus akun Gmail secara permanen agar tidak menyesal setelah menghapusnya.

Google sendiri menyediakan beberapa opsi untuk menghapus akun Gmail. Kalian bisa memilih menghapus Gmail-nya saja atau sekaligus akun Google. Apabila akun Google yang dihapus, maka secara otomatis akun Gmail juga ikut terhapus, bersamaan dengan semua layanan yang terhubung ke akun Google.

Sebelum menghapus akun Gmail secara permamen kami sarankan untuk terlebih dahulu melakukan backup dengan mendownload data Gmail melalui halaman https://takeout.google.com. Setelah data Gmail di download, maka kalian bisa bebas menghapus akun Gmail.

Advertisement

Mengapa Harus Mengapus Akun Gmail?

Security Checkup GoogleSebenarnya apa sih tujuan menghapus akun Gmail ataupun akun Google? Tujuan setiap orang berbeda-beda, namun biasanya demi menjaga keamanan data dan privacy. Sebab didalam akun Google tersimpan beragam data penting yang terhubung ke layanan Google, seperti Google Drive, Gmail, Kalender, Foto, dll.

Nah agar data yang tersimpan didalam akun Google tidak bisa diakses orang lain, maka lebih baik menghapusnya secara permanen. Apalagi saat ini ada banyak sekali kasus peretasan akun Google dengan tujuan untuk mengambil data-data penting yang tersimpan di Gmail, Google Drive, ataupun Google Photos.

Tak jarang Peretas mengumbar data yang mereka ambil ke publik. Coba kalian bayangkan apabila di dalam akun Google tersimpan foto dan video pribadi, tentu kalian tidak ingin file penting tersebut dilihat oleh orang lain. Nah sebelum file tersebut diumbar ke publik, kami sarankan untuk langsung menghapus akun Google secara permanen.

Advertisement

Nah yang jadi pertanyaan sekarang, bagaimana cara kita mengetahui bahwa akun Gmail atau Google telah diretas oleh orang lain. Cara mengetahuinya adalah dengan melihat pemberitahuan Security Checkup yang biasanya masuk ke Gmail pada saat akun diakses tanpa izin. Selain itu, kalian juga bisa langsung melihatnya melalui http://myaccount.google.com/secure-account.

Apabila pada bagian Security Checkup muncul devices yang mencurigakan, maka bisa menjadi indikasi bahwa akun Google dan Gmail telah diretas oleh orang lain. Untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa memilih mengganti password Google ataupun menghapus akun gmail secara permanen agar peretas tak bisa langsung mengakses akun.

Cara Menghapus Akun Gmail Secara Permanen

Bagi yang lebih memilih menghapus akun Gmail secara permanen, silahkan simak informasi cara menghapus akun Gmail dibawah ini.

Advertisement
  1. Sebelum menghapus akun Gmail secara permanen, kami sarankan untuk terlebih dahulu mendownload data (Backup) melalui halaman https://takeout.google.com
  2. Silahkan download semua data yang ingin di backup, atau hanya data Gmail-nya saja.
  3. Kemudian kita tinggal membuka Akun Google.
  4. Selanjutnya pilih Manage your data & personalizationCara Menghapus Akun Gmail Permanen di Hp Android
  5. Lalu scroll kebawah, dan akan muncul tulisan “Delete a service or your accountCara Hapus Akun Gmail dan Google
  6. Kemudian akan muncul beberapa pilihan menu seperti Delete a Google service, Delete your Google Account, dan Download your data.Cara Menghapus Akun Gmail
  7. Apabila ingin menghapus hanya akun Gmail saja, maka kalian harus memilih Delete a Google service
  8. Kemudian pilih Gmail. Untuk mengapusnya silahkan klik icon bergambar Tempat Sampah Hapus.Cara Menghapus Akun Gmail Permanen di Hp
  9. Apabila ingin menghapus akun Google secara permanen, beserta semua layannya maka kalian harus memilih menu Delete your Google Account. Kemudian klik tulisan “Delete Your AccountDelete Akun Google Permanen
  10. Kemudian akan muncul konfirmasi bahwa semua layanan yang terhubung ke akun Google akan terhapus, seperti Gmail, Photos, Youtube, Calender, dan Google Drive. Apabila sudah yakin 100%, maka tinggal mengisi tanda cawang dan klik “Delete Account.”
  11. Selanjutnya akan muncul informasi bahwa akun Google telah berhasil di delete dan berarti cara mengapus akun Gmail secara permanen yang kami sampaikan sudah berhasil 100%.

Yah, cara menghapus akun Gmail secara permanen memang cukup mudah. Namun yang menjadi pertanyaan sekarang, apakah Gmail yang sudah dihapus dapat dibuka kembali? Untuk mengetahui jawabannya silahkan simak di bawah ini.

Apakah Akun Gmail Yang Sudah Dihapus Bisa Dikembalikan

Apabila akun tidak sengaja terhapus kalian bisa melakukan revocery dengan mengujungi halaman https://accounts.google.com/signin/recovery. Pada halaman tersebut kita harus menjawab pertanyaan keamanan yang nantinya akan menentukan apakah akun bisa dikembalikan atau tidak.

Kalian harus cepat-cepat melakukan recovery apabila akun tidak sengaja terhapus atau berubah pikiran ingin mengembalikan akun yang terhapus secara permanen. Pasalnya Google memberikan batasan waktu kapan akun bisa di recovery. Apabila terlalu lama, biasanya akan gagal.

Baca Juga Informasi Samsung Lainnya
Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SDKode Rahasia Samsung
Cara Cek Tipe HP SamsungCara Cek IMEI Samsung

Nah demikianlah informasi mengenai cara menghapus akun Gmail secara permanen. Cara yang kami sampaikan di atas bisa dilakukan secara langsung di hp Android, Komputer, Laptop, ataupun iPhone. Sekian informasi samsungstarters.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Advertisement