6 Cara Menonaktifkan Mode Aman Samsung Yang Susah Hilang

Advertisement

Samsungstarters.com Banyak pengguna hp Samsung yang belum mengetahui cara menonaktifkan mode aman Samsung. Asal kalian ketahui, mode aman atau safe mode merupakan sebuah fitur pada hp Samsung yang befungsi untuk mendiagnosa suatu masalah pada sistem operasi.

Cara kerja mode aman atau safe mode adalah dengan menonaktifkan sebagian besar aplikasi pihak ketiga agar bisa mengatasi masalah yang terjadi pada hp Samsung. Fitur ini sangat penting, namun terkadang tidak sengaja diaktifkan oleh pengguna hp Samsung.

Bagi yang tidak sengaja mengaktifkannya pasti bingung bagaimana cara mematikan mode aman Samsung. Caranya juga mudah, jadi kalian jangan panik apabila tiba-tiba mengaktifkan mode aman Samsung.

Advertisement

Cara mematikan mode aman pada hp Samsung tidak perlu sampai Factory Reset, jadi tak perlu khawatir data yang tersimpan di smartphone akan hilang. Namun Factory Reset bisa menjadi cara terakhir apabila mode aman susah hilang.

Untuk mencegah terjadinya factory reset yang mengharuskan kita menghapus semua data dan aplikasi yang tersimpan di hp Samsung, kami sarankan untuk mencoba cara menonaktifkan mode aman Samsung berikut ini.

Cara Mengaktifkan Safe Mode Samsung

Mode Aman SamsungSebelum membahas mengenai cara menonaktifkan mode aman Samsung, ada baiknya kalian terlebih dahulu mengetahui cara mengaktifkan fitur tersebut.

  1. Tekan tombol Power beberapa detik hingga muncul opsi Daya Mati, Mulai Lagi, dan Mode Darurat.
  2. Kemudian tap Daya Mati beberapa detik, kemudian akan muncul pilihan untuk masuk ke dalam Mode Aman. Silahkan kalian tap icon mode aman dan secara otomatis smartphone akan restart dan masuk ke Mode Aman.
  3. Tunggu proses Booting selesai dan setelah itu smartphone akan masuh ke Mode Aman (Safe Mode).

Setelah masuk ke mode aman, semua aplikasi pihak ketiga akan dinonaktifkan dan yang aktif hanyalah aplikasi bawaan Samsung. Pada mode ini kita bisa mencari masalah yang terjadi pada hp Samsung. Lalu bagaimana cara mematikan mode tersebut? Untuk mengetahui caranya silahkan mengikuti tutorial berikut ini.

Cara Menonaktifkan Mode Aman Samsung

Restart Hp Samsung

1. Restart Smartphone Samsung

Cara mematikan mode aman Samsung yang pertama adalah tinggal melakukan restart. Sehausnya mode aman akan secara otomatis dinonaktifkan apabila smartphone direstart.

Advertisement

Tentu pengguna smartphone Samsung sudah mengetahui bagaimana cara merestart smartphone. Namun bagi yang belum mengetahui caranya silahkan simak di bawah ini.

  1. Tekan tombol power beberapa detik
  2. Kemudian pilih Mulai Lagi atau Restart

2. Tekan Tombol Volume Bawah + Power

Cara Mematikan Mode Aman Pada Hp SamsungCara yang kedua masih sama dengan cara di atas, yakni dengan melakukan restart. Namun metodenya sedikit berbeda. Dimana kita harus menekan tombol Volume Turun dan Power setidaknya selama 5 detik untuk melakukan restart secara paksa. Kemudian secara otomatis smartphone akan Restart.

Setelah proses restart berhasil, maka secara otomatis mode aman Samsung akan dimatikan. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi hp Samsung hang karena smartphone bisa langsung restart tanpa perlu menekan tombol yang ada di layar sentuh.

3. Menonaktifkan Lewat Notification Panel

Cara Menonaktifkan Mode Aman SamsungSelain cara di atas, kalian juga bisa menonaktifkan mode aman Samsung melalui notification panel. Caranya adalah dengan Swipe Down panel notifikasi, lalu akan muncul informasi bahwa Mode Aman telah aktif.

Cara menonaktifkan mode aman Samsung tinggal pilih notifikasi mode aman aktif, lalu tap Turn Off. Kemudian secara otomatis smartphone akan restart. Setelah proses restart berhasil, maka secara otomatis mode aman akan dinonaktifkan.

4. Lepas Baterai

Cara Mengatasi Mode Aman SamsungBagi yang menggunakan hp Samsung yang masih menggunakan sistem baterai lepas pasang, maka bisa mencoba cara menonaktifkan mode aman Samsung dengan cara melepas baterai. Jika baterai dilepas, maka secara otomatis smartphone akan mati.

Kemudian tinggal menghidupkan kembali hp Samsung dengan menekan tombol power. Kami yakin mode aman Samsung akan hilang. Sayangnya sekarang sangat jarang ada smartphone Samsung yang menggunakan sistem baterai lepas pasang, jadi lebih baik mencoba cara lainnya.

5. Menghapus Aplikasi

Cara Menghapus Aplikasi SamsungJika mode aman tidak hilang meski sudah mencoba cara di atas, maka kalian bisa mencoba cara lainnya dengan menghapus aplikasi yang disinyalir menyebabkan smartphone masuk ke safe mode secara paksa.

Yah, kesalahan menginstal aplikasi bisa menyebabkan hp Samsung masuk ke mode aman atau safe mode. Untuk mengatasinya kami sarankan untuk menghapus aplikasi yang sebelumnya di download.

Cara menghapus aplikasi pada hp Samsung sangatlah mudah. Caranya adalah masuk ke menu Pengaturan atau Setting, lalu pilih Aplikasi. Kemudian cari aplikasi yang akan dihapus. Langkah selanjutnya klik Uninstal atau Hapus Instalan.

Kemudian kita tinggal merestart smartphone dan lihat apakah mode aman masih aktif atau tidak. Apabila ternyata masih aktif, maka cara menonaktifkan mode aman Samsung yang terakhir adalah dengan Factory Reset.

6. Factory Reset

Reset Data PabrikCara ini terpaksa dilakukan apabila mode aman susah hilang meski sudah restart dan menghapus aplikasi yang dianggap menjadikan smartphone masuk ke Safe Mode.

Bagi yang belum mengetetahui bagaimana cara factory reset hp Samsung, silahkan mengikuti tutorial berikut “Cara Reset Hp Samsung“.

Untuk melakukan Factory Reset bisa melalu menu Pengaturan. Kemudian masuk ke bagian Managemen Umum. Setelah itu tinggal pilih Reset. Lalu memilih Reset Data Pabrik.

Perlu diingat bahwa cara menonaktifkan mode aman Samsung ini akan menghapus semua data dan aplikasi yang tersimpan di hp Samsung.

Agar data penting tidak terhapus kami sarankan untuk terlebih dahulu membackup data-data penting.

Baca Juga Informasi Samsung Lainnya
HP Samsung 5 JutaanHarga Power Bank Samsung
Harga Smartwatch SamsungAlamat Samsung Service Center

Nah demikianlah tutorial samsungstarters.com mengenai cara mematikan mode aman Samsung. Silahkan mencoba cara di atas dan semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi semua pengguna smartphone Samsung.

Advertisement