4 Cara Screenshot Samsung M12 Tanpa Tombol

Advertisement

SamsungStarter.com -Samsung M12 merupakan salah satu smartphone terbaru dari Samsung yang dilengkapi dengan fitur screenshot yang canggih. Kemampuan untuk mengambil screenshot atau tangkapan layar sangat penting dalam berbagai situasi, baik untuk berbagi informasi, menyimpan momen penting, atau mengabadikan pesan yang ingin disampaikan. Cara Screenshot Samsung M12 Tanpa Tombol bisa menjadi opsi menarik. Dari penggunaan tombol fisik hingga fitur canggih seperti Scroll Capture, Kamu akan belajar langkah demi langkah untuk mengambil screenshot dengan mudah dan efektif.

Bagi banyak pengguna Samsung M12, mengetahui berbagai metode screenshot yang tersedia sangatlah penting. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan dalam panduan ini, kami akan menjelaskan secara rinci setiap metode yang dapat digunakan. Apakah lebih suka menggunakan tombol fisik yang mudah dijangkau atau mengaktifkan fitur Palm Swipe Gesture yang praktis, Kamu akan menemukan solusi yang sesuai dengan preferensi.

Samsung M12 menawarkan beberapa metode yang berbeda untuk mengambil screenshot. Kamu dapat menggunakan tombol fisik pada perangkat, seperti menekan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan. Selain itu, juga dapat menggunakan fitur Palm Swipe Gesture yang memungkinkan mengambil screenshot dengan menyapu telapak tangan di sepanjang layar. Lalu terdapat juga opsi untuk menggunakan panel pengaturan cepat yang memudahkan dalam mengambil screenshot.

Advertisement

Selain mengambil screenshot seluruh layar, Samsung M12 juga menyediakan opsi untuk mengambil screenshot area tertentu. Dengan menggunakan alat seleksi persegi, Kamu dapat menentukan area yang ingin tangkap dan menyimpannya sebagai screenshot. Fitur ini berguna ketika hanya ingin mengabadikan sebagian dari tampilan layar.

Cara Screenshot Samsung M12

Dengan mengambil screenshot, Kamu dapat dengan mudah berbagi informasi penting, seperti pesan teks, email, atau tampilan aplikasi kepada orang lain tanpa perlu menulis atau menjelaskan secara detail. Screenshot memungkinkan membuat dokumentasi visual yang jelas. Kamu dapat menyimpan tangkapan layar untuk referensi di masa depan, seperti menyimpan tampilan halaman web atau instruksi penting yang ingin simpan.

Screenshot juga berguna sebagai bukti atau catatan dalam berbagai situasi. Misalnya, Kamu dapat mengambil tangkapan layar dari pembayaran suatu transaksi online atau pesan penting yang ingin simpan sebagai bukti.

1. Menggunakan Tombol Fisik

Cara Screenshot Samsung A03sMenggunakan tombol fisik adalah salah satu metode yang paling umum dan mudah untuk mengambil screenshot pada Samsung M12. Berikut adalah penjelasan langkah-langkahnya:

  1. Identifikasi Tombol yang Diperlukan selanjutnya pada Samsung M12, Kamu perlu menggunakan kombinasi tombol volume bawah dan tombol power untuk mengambil screenshot. Pastikan mengenali dengan jelas kedua tombol tersebut.
  2. Persiapkan Layar yang Ingin Screenshot lanjutkan buka halaman, aplikasi, atau tampilan layar yang ingin tangkap dalam screenshot. Pastikan tampilan layar tersebut sudah siap sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.
  3. Tekan Tombol Volume Bawah dan Tombol Power lalu dengan jari, tekan dan tahan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan. Tahan kedua tombol tersebut selama beberapa detik hingga layar berkedip atau terdengar suara penangkapan layar.
  4. Periksa Screenshot yang Diambil lalu setelah menekan kombinasi tombol, Samsung M12 akan secara otomatis mengambil screenshot. Kamu dapat memeriksa tangkapan layar yang diambil dengan membuka Galeri atau folder yang menyimpan gambar screenshot.

Penting untuk diingat bahwa kombinasi tombol volume bawah dan tombol power mungkin sedikit berbeda tergantung pada model atau versi sistem operasi Samsung M12 yang digunakan. Jika langkah-langkah di atas tidak berfungsi, Kamu dapat mencari informasi lebih lanjut pada panduan pengguna Samsung M12 atau melakukan pencarian online untuk instruksi yang sesuai dengan perangkat.

Metode ini sangat sederhana dan tidak memerlukan pengaturan tambahan. Dengan beberapa langkah mudah, Kamu dapat mengambil screenshot dengan menggunakan tombol fisik pada Samsung M12.

Advertisement

2. Gerakan Sapuan Tangan (Palm Swipe)

KamuMetode kedua untuk mengambil screenshot pada Samsung M12 adalah dengan menggunakan gerakan sapuan tangan, atau yang dikenal sebagai “Palm Swipe“. Berikut adalah penjelasan langkah-langkahnya:

  1. Aktifkan Fitur Gerakan Sapuan Tangan jangan lupa pastikan fitur gerakan sapuan tangan sudah diaktifkan pada Samsung M12. Kamu dapat melakukannya dengan membuka menu Pengaturan, mencari opsi “Gerakan” atau “Gerakan dan Gestur”, lalu temukan dan aktifkan opsi “Gerakan Sapuan Tangan” atau “Palm Swipe”.
  2. Persiapkan Layar yang Ingin Screenshot lalu buka halaman, aplikasi, atau tampilan layar yang ingin tangkap dalam screenshot. Pastikan tampilan layar tersebut sudah siap sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.
  3. Lakukan Gerakan Sapuan Tangan mudah dengan telapak tangan yang terbuka, letakkan tangan secara horizontal di sepanjang bagian atas layar Samsung M12. Pastikan telapak tangan menyentuh layar dengan lembut.
  4. Lakukan Gerakan Sapuan lanjutkan dengan gerakan lembut dan cepat, geser telapak tangan dari satu sisi layar ke sisi lainnya secara horizontal. Pastikan gerakan sapuan tangan melintasi seluruh lebar layar untuk mengaktifkan fungsi pengambilan screenshot.
  5. Periksa Screenshot yang Diambil selanjutnya setelah melakukan gerakan sapuan tangan, Samsung M12 akan secara otomatis mengambil screenshot. Kamu dapat memeriksa tangkapan layar yang diambil dengan membuka Galeri atau folder yang menyimpan gambar screenshot.

Pastikan melakukan gerakan sapuan tangan dengan tepat dan dengan kecepatan yang cukup untuk mengaktifkan fungsi pengambilan screenshot. Jika gerakan sapuan tangan tidak berhasil, Kamu mungkin perlu memeriksa pengaturan gerakan sapuan tangan di menu Pengaturan dan memastikan fitur ini diaktifkan dengan benar.

Metode gerakan sapuan tangan memberikan kemudahan dalam mengambil screenshot, terutama ketika tidak ingin menggunakan tombol fisik. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan mengaktifkan fitur gerakan sapuan tangan, Kamu dapat dengan mudah mengambil screenshot pada Samsung M12.

3. Menggunakan Panel Pengaturan Cepat

Cara Screenshot Samsung M12Metode ketiga untuk mengambil screenshot pada Samsung M12 adalah dengan menggunakan Panel Pengaturan Cepat. Berikut adalah penjelasan langkah-langkahnya:
  1. Buka Panel Pengaturan Cepat lalu dntuk mengakses Panel Pengaturan Cepat, geser ke bawah dari bagian atas layar Samsung M12 menggunakan dua jari atau satu jari, tergantung pada pengaturan perangkat.
  2. Temukan Opsi Screenshot Di dalam Panel Pengaturan Cepat, cari ikon yang mewakili opsi Screenshot. Ikon ini biasanya berupa gambar kamera atau ikon yang menunjukkan tangkapan layar. Sentuh atau ketuk ikon tersebut untuk membuka opsi Screenshot.
  3. Ambil Screenshot lalu setelah membuka opsi Screenshot, Kamu akan melihat pilihan untuk mengambil screenshot. Sentuh atau ketuk opsi tersebut untuk memicu pengambilan screenshot pada Samsung M12.
  4. Periksa Screenshot yang Diambil setelah mengambil screenshot, Samsung M12 akan secara otomatis menyimpannya. Kamu dapat memeriksa tangkapan layar yang diambil dengan membuka Galeri atau folder yang menyimpan gambar screenshot.

Pastikan menemukan dan mengskses opsi Screenshot dengan cepat di dalam Panel Pengaturan Cepat. Lokasinya mungkin berbeda-beda tergantung pada versi perangkat lunak dan konfigurasi perangkat. Jika tidak menemukan opsi Screenshot dalam Panel Pengaturan Cepat, Kamu dapat mencari panduan khusus untuk perangkat atau memeriksa pengaturan perangkat untuk memastikan bahwa opsi tersebut sudah diaktifkan.

Metode menggunakan Panel Pengaturan Cepat memungkinkan untuk dengan mudah mengakses opsi Screenshot tanpa perlu menggunakan tombol fisik atau gerakan sapuan tangan. Dengan beberapa sentuhan atau ketukan, Kamu dapat mengambil screenshot pada Samsung M12 dan menyimpannya untuk digunakan sesuai kebutuhan.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Metode keempat untuk mengambil screenshot pada Samsung M12 adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store. Berikut adalah penjelasan langkah-langkahnya:
  1. Buka Google Play Store lanjutkan Buka aplikasi Google Play Store di Samsung M12.
  2. Cari Aplikasi Screenshot lanjutkan gunakan kotak pencarian di atas layar untuk mencari aplikasi screenshot. Ketik kata kunci seperti “aplikasi tangkapan layar” atau “screenshot” dan tekan tombol “Cari” atau ikon pencarian.
  3. Pilih Aplikasi Screenshot di dalam hasil pencarian, pilih salah satu aplikasi tangkapan layar yang anggap cocok dan andalkan. Pastikan untuk membaca deskripsi aplikasi, ulasan pengguna, dan penilaian untuk memastikan keandalannya.
  4. Unduh dan Pasang Aplikasi setelah memilih aplikasi yang diinginkan, ketuk tombol “Unduh” dan ikuti instruksi untuk mengunduh dan memasang aplikasi di Samsung M12. Pastikan untuk memberikan izin yang diperlukan yang diminta oleh aplikasi.
  5. Buka Aplikasi Screenshot setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi screenshot yang baru saja unduh pada Samsung M12.
  6. Menggunakan Aplikasi Screenshot setiap aplikasi screenshot mungkin memiliki antarmuka dan fitur yang berbeda. Biasanya, aplikasi akan memberikan tombol atau ikon yang memungkinkan mengambil screenshot dengan satu sentuhan. Ikuti petunjuk pada layar atau baca panduan pengguna aplikasi untuk memahami cara mengambil screenshot dengan aplikasi tersebut.
  7. Periksa Screenshot yang Diambil setelah mengambil screenshot menggunakan aplikasi pihak ketiga, cek Galeri atau folder yang disediakan oleh aplikasi tersebut untuk melihat tangkapan layar yang telah diambil.

Penting untuk memilih aplikasi screenshot yang terpercaya dan memiliki ulasan yang baik dari pengguna lain. Pastikan juga untuk membaca deskripsi aplikasi dan persyaratan yang diberikan sebelum mengunduh dan menginstalnya.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga memungkinkan untuk memiliki lebih banyak opsi dan fitur tambahan saat mengambil screenshot pada Samsung M12. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga dapat mempengaruhi kinerja dan keamanan perangkat, sehingga penting untuk berhati-hati dalam memilih aplikasi yang dipasang.

Pilihlah metode yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan. Dengan menggunakan salah satu metode tersebut, Kamu dapat dengan mudah mengambil screenshot pada Samsung M12 untuk berbagai keperluan, seperti berbagi informasi atau membuat dokumentasi. Simak ulasan menggenai Cara Memastikan Samsung A53 pada Tutorial sebelumnya.

Advertisement