Harga Samsung Galaxy A Quantum dan Spesifikasi Terbaru 2020

Advertisement

Harga Samsung Galaxy A Quantum – Satu lagi smartphone 5G yang diluncurkan Samsung. Namun yang istimewa dari smartphone ini adalah dilengkapi chipset quantum random number generator (QRNG) yang berguna untuk meningkatkan keamanan data Galaxy A Quantum dengan teknologi enkripsi quantum.

Teknologi tersebut akan menghasilkan angka untuk menciptakan kunci keamanan yang tidak dapat ditembus dan diprediksi sehingga keamanan Samsung Galaxy Quantum jauh lebih baik dibanding smartphone 5G sekelasnya. Teknologi ini dikembangkan oleh SK Telecom’s Switzerland yang bekerja sama secara langsung dengan Samsung.

Dengan teknologi keamanan yang terjamin, tentu smartphone ini cocok bagi para pebisnis yang selalu mengedepankan keamanan data. Namun sayangnya Galaxy A Quantum belum menggunakan spesifikasi flagship. Bahkan bisa dikatakan smartphone ini merupakan rebranding dari Galaxy A71 5G.

Advertisement

Spesifikasi hardware dan desain Galaxy A Quantum memang sama persis dengan Samsung Galaxy A71 5G. Yang mana untuk dapur pacunya ditenagai chipset Exynos 980 dengan processor berkecepatan Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A77 & 6×1.8 GHz Cortex A55) serta didukung GPU Mali-G76 MP5.

Samsung Galaxy A QuantumUntuk meningkatkan performa Galaxy A Quantum, Samsung membekalinya dengan Ram sebesar 8GB dan memori internal 128GB. Tersedia pula slot microSD untuk menambah ruang penyimpanan. Lalu untuk sistem operasinya menggunakan OS Android 10 dengan antarmuka OneUI 2.

Hadirnya chipset QRNG membuat harga Samsung Galaxy A Quantum dibanderol cukup mahal. Terelbih smartphone ini sudah dilengkapi teknologi 5G yang memberikan akses internet super ngebut saat browsing, streaming, video call, ataupun bermain game online.

Advertisement

Performa gamingnya tidak terlalu mengecewakan. Bahkan semua game terbaru bisa dilibas secara lancar pada lyar berukuran 6.7 inci. Layar tersebut menggunakan panel Super Amoled dengan kamera punch hole dibagian tengah. Sedangkan untuk resolusinya sebesar 1080 x 2400 pixels dengan kerapatan mencapai 393 ppi.

Dibalik kualitas layar mengagumkan, sayangnya smartphone ini hanya dibalut bodi berbahan plastik. Untungnya bagian depan dan belakang sudah dilapisi kaca Corning Gorilla Glass 3. Namun menurut kami kelebihan tersebut tidak sebanding dengan harga Samsung Galaxy A Quantum yang mahal.

Pemakaian bodi plastik membuat bobot Galaxy A Quantum cukup ringan. Ponsel ini hanya berbobot 185 gram dengan dimensi panjang 162.5 mm, lebar 75.5 mm, dan ketebalan 8.1 mm. Dibalik bodinya juga tertanam baterai berkapasitas 4.500 mAh yang didukung teknologi Fast Charging 25W agar bisa terisi lebih cepat.

Advertisement

Selain membaca chipset keamanan khusus, Galaxy A Quantum juga memiliki sistem keamanan konvesional yang mengandalkan Fingerprint Sensor didalam layar serta Face Unlock. Seua sistem keamanan tersebut menjadikan semua data yang tersimpan didalam Galaxy A Quantum semakin aman dan terjaga privacynya.

Berlanjut ke sektor kamera, Samsung Galaxy A Quantum memiliki 4 kamera belakang dengan kamera utama beresolusi 64 Megapixel. Lensa tersebut memiliki aperture f/1.8 dan didukung sensor berukuran 1/1.72″, 0.8µm serta dilengkapi Phase Detection Autofocus.

Sedangkan kamera yang kedua memakai lensa ultrawide beresolusi 12 Megapixel dan didukung lensa macro 5 Megapixel serta depth sensor 5 Megapixel. Sayangnya ponsel ini tidak dilengkapi fitur OIS. Sebagai gantinya telah tersedia Gyro-EIS agar hasil rekaman video beresolusi maksimal 4K@30fps tetap stabil.

Beralih ke sisi depan, telah terseda kamera punch hole beresolusi 32 Megapixel yang terpasang secara simetris ditengah-tengah layar. Kamera tersebut mendukung fitur HDR dan bisa merekam video Full HD 1080p@30fps yang menjadikan Galaxy A Quantum cocok untuk selfie ataupun membuat video vlog.

Dari segi konektivitas juga tergolong sangat lengkap. Selain dilengkapi teknologi 5G, ponsel ini juga membawa beragam fitur seperti Wi-Fi Dual Band, Bluetooth v5.0, NFC, GPS ( A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS) dan pastinya port USB Type-C.

Spesifikasinya memang sama persis dengan Galaxy A71 5G. Namun yang membuat ponsel ini lebih istimewa adalah karena dilengkapi sistem keamanan canggih yang berpadu dengan teknologi 5G. Nah yang jadi pertanyaan sekarang, berapakah harga Samsung Galaxy A Quantum di Indonesia?

Spesifikasi Samsung Galaxy A Quantum

Spesifikasi Samsung Galaxy A Quantum

Dimensi
Panjang162.5 mm
Lebar75.5 mm
Ketebalan8.1 mm
Berat185 g
Layar
Panel LayarSuper AMOLED
Ukuran6.7 inches
Resolusi1080 x 2400 pixels
Rasio20:9
Kerapatan~393 ppi
PelindungCorning Gorilla Glass 3
Hardware & Software
ChipetExynos 980 (8 nm)
ProcessorOcta-core (2×2.2 GHz Cortex-A77 & 6×1.8 GHz Cortex A55
GPUMali-G76 MP5
Sistem OperasiAndroid 10.0
User InterfaceOne UI 2
Ram8GB
Memori Internal128GB
Memori EksternalmicroSD, up to 1 TB
Kamera Belakang
Resolusi64 MP (Wide) + 12 MP (Ultrawide) + 5 MP (Macro) + 5MP (Depth)
FiturLED flash, panorama, HDR
Video Maksimal4k@30fps
Kamera Depan
Resolusi32 MP
FiturHDR
Video1080p@30fps
Konektivitas
Sim CardDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
InternetLTE, 5G
Wi-FiWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
Port USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector
GPSA-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
Baterai
KapasitasNon-removable Li-Ion 4500 mAh battery
FiturFast battery charging 25W
SensorFingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass ANT+

Spesifikasi di atas merupakan spesifikasi resmi yang kami lansir dari situs sktelecom.com. Asal kalian ketahui, SK Telecom merupakan salah satu operator seluler terbesar di Korea Selatan. Mereka dipercaya Samsung untuk memasrkan Galaxy A Quantum di Korea. Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Harga Samsung Galaxy A Quantum

Harga Samsung Galaxy A Quantum

Kecil kemungkinan Samsung memasukan smartphone ini ke Indonesia. Alasannya adalah karena Indonesia belum mendukung teknologi 5G. Di Korea sendiri harga Samsung Galaxy A Quantum dibanderol sebesar USD$530 atau apabila kita rupiahkan sekitar Rp. 7.8 Jutaan.

Yah, teknologi jaringan di Indonesia memang sedikit tertinggal dibanding negara lain yang sudah mulai mengadopsi 5G sebagai teknologi jaringan masa depan. Masih butuh waktu beberapa tahun lagi untuk mempersiapkan jaringan 5G di Indonesia.

Untuk sementara waktu kalian hanya bisa membeli smartphone Samsung lainnya yang hanya mendukung jaringan 4G, seperti Samsung Galaxy A21s ataupun seri lainnya. Nah demikianlah informasi harga hp Samsung kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Advertisement