13 Kelebihan dan Kekurangan Samsung A52

Advertisement

Samsung Galaxy A Series terbaru telah resmi dipasarkan di Indonesia. Ada tiga seri yang diperkenalkan secara bebarengan, yakni Samsung A32, A52, dan A72. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan berbeda-beda, termasuk Samsung A52 yang merupakan seri paling menarik.

Kenapa kami bilang menarik? Sebab smartphone ini menawarkan banyak sekali kelebihan yang tidak dimiliki seri-seri sebelumnya. Dari segi harga juga masuk akal, tidak terlalu murah dan terlalu mahal. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung A52? Untuk mengetahuinya, silah simak informasi samsungstarters.com berikut ini.

Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung A52

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A52

Advertisement

1. Layar Super Amoled Rate 90Hz

Kelebihan Samsung A52 yang pertama adalah memiliki layar Super Amoled dengan refresh rate mencapai 90Hz. Dengan layar tersebut, Samsung A52 mampu memanjakan mata dengan kualitas warna yang tajam, jernih, dan realistis. Selain itu, layarnya akan terasa smooth ketika dipakai bermain game ataupun hanya sekedara scrolling web ataupun aplikasi lainnya.

Soal ketajaman layar bisa dibuktikan dengan kerapatan pixel yang mencapai 407 ppi. Layar Full HD tersebut juga memiliki kecerahan hingga 800 Nits yang membuat layar tetap terlihat nyaman di bawah terik sinar matahari. Apalagi panel yang digunakan sudah Super Amoled yang memiliki warna realistis dam super tajam.

2. Dilindungi Gorilla Glass 5

Pemilik Samsung A52 tidak perlu khawatir ketika smartphone jatuh atau terbentur. Sebab smartphone ini sudah dilindungi lapisan kaca Corning Gorilla Glass 5 yang cukup kuat menahan benturan ataupun goresan. Namun layarnya tetap bisa pecah apabila terbentur dengan sangat keras. Jadi kami sarankan untuk tetap melapisinya dengan screen guard atau tempered glass.

3. Back Cover Masih Plastik

Keunggulan Samsung A52

Dari sisi luar, Samsung A52 terlihat mewah dan premium. Namun perlu kalian ketahui, smartphone ini masih menggunakan bodi berbahan plastik. Material tersebut memang berkesan murahan karena seharusnya menggunakan frame metal berlapis kaca sebagai back cover. Kekuragan ini coba ditutupi Samsung dengan memberikan finishing matte yang memberikan kesan lebih mewah.

4. Bodi Tipis dan Ringan

Meskipun bodinya terbuat dari material berbahan platik, namun desain Samsung A52 tetap terlihat premium. Hal ini tak lepas dari dimensinya yang sangat tipis. Dimana bodinya memiliki ketebalan 8.4 mm dan berat 189 gram. Kemudian untuk pilihan warnanya tersedia dalam warna Awesome Black, Awesome White, Awesome Violet, dan Awesome Blue.

Advertisement

5. Kamera Depan Punch Hole

Berbeda dengan Samsung A32 yang masih menggunakan notch untuk meletakan sensor kamera depan, Samsung Galaxy A52 memiliki desain layar yang lebih premium. Pasalnya smartphone ini sudah menggunakan Infinity-O Display dengan kamera depan bergaya Punch Hole. Kamera tersebut diletakan secara simetris ditengah-tengah layar sehingga memberikan kesan layaknya smartphone flagship Samsung.

Soal kualitas kamera depan tidak perlu diragukan lagi. Ponsel ini memiliki kamera depan 32 Megapixel yang bisa diandalkan untuk berfoto selfie atuapun sekedar meeting lewat ZOOM. Kamera tersebut juga mampu merekam video beresolusi 4K@30fps yang secara tidak langsung menambah nilai plus untuk menarik pecinta gadget di Indonesia.

6. Quad Camera 64 Megapixel

Kamera Samsung Galaxy A52

Spesifikasi kamera depan Samsung A52 memang memuaskan. Lalu bagaimana dengan kamera belakang yang menjadi kamera utama ponsel ini? Pada bagian belakang sudah ada empat lensa dengan lensa utama beresolusi 64 Megapixel. Menariknya, kamera tersebut sudah dilengkapi PDAF dan OIS yang membuat hasil foto dan rekaman video semakin berkualitas.

Selain kamera 64 Megapixel, Samsung A52 juga memiliki kamera ultrawide 12 Megapixel dan kamera Macro 5 Megapixel serta Depth Sensor 5 Megapixel. Jadi apabila ditotal maka smartphone ini memiliki empat kamera belakang. Yang menurut kami paling menarik adalah hadirnya fitur OIS yang secara signifikan mengoptimalkan kemampuan kamera Samsung A52 dalam mengabadikan segala momen.

7. Tahan Air Hingga 1 Meter

Kelebihan Samsung Galaxy a52

Masih ada beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung A52 yang lainnya. Namun menurut kami, kelebihan utama Samsung A52 adalah memiliki kemampuan tahan air yang dibuktikan dengan rating IP67. Rating tersebut membuktikan bahwa Samsung A52 mampu bertahan di dalam air pada kedalaman 1 Meter selama 30 menit.

Meskipun tahan air, namun kami sarankan untuk selalu berhati-hati. Jangan sampai membawa smartphone ini berenang di air asin dan air bertekanan tinggi. Lebih baik berhati-hati karena garansi hp Samsung tidak akan berlaku apabila rusak karena terkena air.

8. Masih Ditenagai Snapdragon 720G

Performa chipset yang digunakan Samsung A52 memang cepat. Namun masih tertinggal satu tingkat dari Xiaomi Redmi Note 10 Pro. Sebab smartphone ini masih menggunakan chipset Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G yang terintegrasi dengan processor Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver) dan GPU Adreno 618.

Dari segi performa sebenarnya sudah sangat cepat dan mampu menjalankan berbagai macam game dengan lancar. Apalagi Samsung memberikan Ram berkapasitas 8GB dengan opsi memori internal 128GB serta 256GB. Selain itu, tersedia pula slot memori eksternal untuk menambah ruang penyimpanan smartphone ini. Namun slot yang digunakan masih Hybrid.

9. Sudah Menggunakan Android 11

Yang tak kalah menarik, smartphone ini sudah menggunakan sistem operasi Android 11. Dengan adanya sistem operasi tersebut maka anda bisa merasakan sensasi menggunakan OS Android terbaru. Samsung juga mengoptimalkan sistem operasi Galaxy A52 dengan antarmuka OneUI 3.1 yang memiliki banyak sekali fitur seperti Dark Mode, Always On Display, Thema, dll.

10. Koneksi Masih 4G LTE

Ada dua varian Samsung A52, yakni versi 4G dan 5G. Sayangnya untuk pasar Indonesia hanya tersedia versi 4G saja. Hal ini didasari oleh kesiapan jaringan 5G di Indonesia yang hingga saat ini belum jelas kapan hadir. Apabila Indonesia sudah 5G, tentu Samsung akan lebih memilih merilis versi 5G.

Konektivitas lain yang dimiliki ponsel ini cukup lengkap, mulai dari Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac Dual Band, Bluetooth v5.0, GPS (A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS), dan Port USB Type-C. Selain itu, ada pula fitur NFC untuk mendukung pembayaran digital seperti E-Money, Flazz BCA, dll.

11. Baterai 4.500 mAh + Fast Charging

Dikutip dari Samsung.com, untuk mengimbangi semua fitur dan kecanggihan teknologi yang dimiliki smartphone ini, Samsung memberikan kapasitas baterai yang terbilang besar. Dimana kapasitanya sebesar 4.500 mAh dan sudah didukung teknologi Fast Charging 25W yang diklaim bisa mengisi baterai 50% dalam waktu 30 menit.

Kapasitas baterainya memang tidak sebesar Samsung A32 yang dibekali baterai 5.000 mAh. Namun hal tersebut bukanlah menjadi sebuah kekurangan. Sebab baterai Samsung A52 sangat awet dan diklaim bisa bertahan 2 hari pemakaian normal. Sayangnya Samsung hanya menyediakan charger 15W pada paket penjualan ponsel ini.

13. Harga Mulai Rp. 5 Jutaan

Bagi yang tertarik membeli ponsel ini harus merogoh kocek sebesar Rp. 4.999.000. Harga tersebut merupakan harga Samsung A52 untuk varian Ram 8GB/128GB. Jika memori internalnya kurang, anda bisa membeli Samsung A52 versi Ram 8GB/256GB dengan harga sebesar Rp. 5.399.000

Yah, harga Samsung A52 memang tidak bisa dikatakan murah. Smartphone ini dibanderol dengan harga cukup mahal. Namun semuanya sebanding dengan kelebihan dan kekurangan Samsung A52. Apalagi smartphone ini memiliki fitur dan spesifikasi lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

Nah itulah ulasan kelebihan dan kekurangan Samsung A52. Setelah mengetahu semua keunggulan smartphone ini maka anda bisa memutuskan apakah akan membeliny atau tidak. Cukup sekian informasi samsungstarters.com, simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Mengatasi Hp Samsung Mati Total dan beragam artikel menarik lainnya.

Advertisement