10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A32 5G

Advertisement

Semakin banyak produsen smartphone yang meluncurkan ponsel 5G terjangkau di Indonesia. Salah satunya adalah Samsung yang belum lama ini memperkenalkan Galaxy A32 5G. Sebelum membeli ponsel ini, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui semua kelebihan dan kekurangan yang dimililiki Samsung Galaxy A32 5G.

Sekarang jaringan 5G sudah tersedia di Indonesia. Karena alasan inilah semua produsen smartphone berlomba-lomba menghadirkan ponsel 5G murah. Agar tak kalah dari rival-rivalnya, Samsung telah mempersiapkan Galaxy A32 5G dengan segudang kelebihan yang dimilikinya.

Ponsel ini memiliki spesifikasi berbeda dibanding Samsung Galaxy A32 4G yang terlebih dahulu dipasarkan di Indonesia. Perbedaan keduanya cukup signifikan. Sebab chipset yang digunakan berbeda. Begitu pula dengan kualitas layar dan kamera yang digunakan.

Advertisement

Apabila menutup mata terhadap teknologi 5G yang dibawa, bisa dikatakan spesifikasi Galaxy A32 4G lebih baik. Sebab ponsel tersebut sudah menggunakan layar Super Amoled dan memiliki kamera utama 64 Megapixel. Lalu bagaimana dengan spesifikasi Samsung Galaxy A32 5G? Untuk mengetahuinya silahkan simak informasi samsungstarters.com berikut ini.

Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A32 5G

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A32 5G

1. Layar Masih TFT

Kekurangan yang pertama adalah layar masih TFT. Dari segi ketajaman hingga kecerahan warna tentu jauh lebih rendah dibanding layar Super Amoled pada Samsung A32 4G. Apalagi resolusi layarnya jauh lebih rendah. Sebab ponsel ini belum menggunakan layar Full HD, melainkan layar HD+ 720 x 1600 dengan kerapatan 270 ppi.

Advertisement

Layar menjadi kekurangan utama Samsung A32 5G. Anda saja layar yang digunakan sama persis dengan versi 4G, kami yakin ponsel ini akan terasa sangat sempurna. Apalagi desain ponsel ini sangat minimalis dengan balutan body plastik yang tetap terlihat keren saat dipandang dari berbagai sisi.

2. Ditenagai MediaTek Dimensity 720 5G

Performa Samsung A32 5G

Meski sama-sama menggunakan Mediatek, namun performa ponsel ini kami yakin 100% lebih baik dibanding versi 4G. Sebab Samsung memilih chipset MediaTek MT6853 Dimensity 720 5G yang didalamnya tertanam processor 7nm dengan kecepatan Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55) dan didukung Mali-G57 MC3.

Advertisement

Untuk memori yang digunakan memiliki Ram berkapasitas 8GB dan Internal Memori sebesar 128GB. Jika kurang sudah ada slot microSD yang bisa menambah ruang penyimpanan internal. Selain itu, tersedia pula sistem operasi Android 11 dengan antarmuka One UI 3.1 yang tampilannya tidak perlu diragukan lagi.

3. Bodi Full Plastik

Seperti yang kami sampaikan di atas, ponsel ini masih menggunakan material berbahan plastik. Material tersebut menyelimuti bagian frame hingga back cover. Dari segi dimensi juga lebih besar dibanding versi 4G. Dimana panjangnya memiliki ukuran 164.2mm, lebar 76.1 mm, dan ketebalan 9.1 mm. Sedangkan untuk bobotnya memiliki berat 205 gram.

4. Sensor Sidik Jari Disamping

Dilansir dari website resmi Samsung.com, Sensor sidik jari yang dimiliki Samsung A32 5G terletak pada bagian samping atau lebih tepatnya bersamaan dengan tombol power. Peletakan sensor tersebut sudah sangat pas karena bisa diakses dengan cepat. Namun soal kecanggihan masih kalah dibanding versi 4G yang menggunakan teknologi Under Display.

5. Quad Camera 48 Megapixel

Kekurangan Samsung A32 5G

Jika di total ada empat kamera yang bersemayam pada ponsel ini. Resolusi kamera utamanya memang lebih rendah dibanding versi 4G yang dibekali kamera utama 64 Megapixel. Sedangkan ponsel ini hanya 48 Megapixel yang dipadukan dengan lensa ultrawide 8 Megapixel serta kamera macro 5 Megapixel.

Lalu untuk kamera yang keempat merupakan lensa depth sensor dengan resolusi 2 Megapixel. Fungsinya adalah untuk menghasilkan foto bokeh yang lebih realistis. Sedangkan untuk perekaman video mampu menghasilkan video dengan resolusi 4K@30fps atau Full HD hingga 120fps.

6. Kamera Selfie 13 Megapixel

Memanfaatkan teknologi 5G untuk meeting online merupakan pilihan paling tepat. Sebab teknologi tersebut memungkinkan akses internet lebih lancar dan lebih cepat. Untuk mengimbanginya maka dibutuhan kamera depan beresolusi tinggi agar video yang ditampilkan tetap jernih. Mengerti akan hal itu, maka Samsung A32 5G dilengkapi kamera depan 13 Megapixel.

Sayangnya resolusi kamera depan ponsel ini masih dibawah versi 4G yang memiliki kamera depan 20 Megapixel. Hasil foto yang dihasilkan tentu lebih bagus versi 4G. Untungnya kamera depan tersebut tetap bisa diandalkan untuk berfoto selfie ataupun merekam video dengan resolusi maksimal Full HD.

7. Support 5G Indonesia

Kelebihan Samsung A32 5G

Smartphone ini diciptakan bagi fans Samsung yang mencari hp 5G murah. Ponsel ini sudah pasti siap mengakses jaringan 5G di Indonesia dengan lancar dan pastinya sangat cepat. Selain itu, tersedia pula beragam fitur konektivitas seperti Wi-Fi Dual Band, Bluetooth v5.0, USB Type-C dan GPU ( A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS)

8. Sudah Ada NFC

Bagi yang bertanya, apakah Samsung A32 5G sudah support NFC atau belum? maka jawabannya sudah. Dengan fitur tersebut maka anda bisa bertransaksi menggunakan e-money ataupun beragam transaksi lainnya yang mendukung NFC. Selain itu, tersedia pula dua slot kartu SIM untuk mempermudah akses komunikasi.

9. Baterai 5.000 mAh

Kapasita baterai yang dimiliki smartphone ini cukup besar. Samsung membekalinya dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang akan menopang kebutuhan daya seharian ketika mengakses jaringan 5G. Sayang teknologi Charging yang tersedia hanya mendukung Fast Charging 15W yang kecepatan pengisiannya tergolong standar.

10. Menjadi Hp 5G Termurah Samsung di Indonesia

Dengan semua kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A32 5G di atas, lalu berapakah harga smartphone ini? Bagi yang tertarik membelinya hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 3.999.000. Harga tersebut menjadkan Samsung A32 5G menjadi smartphone 5G termurah Samsung di Indonesia.

Kedepannya tentu akan ada yang lebih murah. Namun untuk saat ini Samsung A32 5G tetap bisa menjadi pilihan terbaik bagi yang mencari hp 5G murah di Indonesia. Dari segi spesifikasi dan fitur memang tidak bisa dikatakan sempurna. Akan tetapi ponsel ini sudah support 5G yang menjadi kelebihan utamanya.

Kesimpulan

Kedepannya semua smartphone akan beralih ke teknologi 5G. Namun agar semua wilayah Indonesia tercover jaringan 5G masih butuh waktu cukup lama. Untuk saat ini jaringan 5G di Indonesia masih dalam tahap percobaan dan baru Telkomsel saja yang menyediakannya.

Berkaca dari semua fakor di atas, mungkin lebih baik memiliki versi 4G. Sebab versi tersebut memiliki kualitas layar dan kamera lebih bagus. Namun semuanya tergantung keputusan anda sendiri. Yang paling penting kami sudah memberikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung A32 5G yang bisa menjadi referensi sebelum membelinya.

Nah cukup sekian referensi mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Samsung Galaxy A32 5G. Semoga informasi di atas bermanfaat dan simak pula artikel sebelumnya mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Tab A7 Lite dan beragam informasi seputar smartphone Samsung di Indonesia.

Advertisement